UN Dihapus, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Saya bertanya bukan hanya kepada anak sekolah saja. Namun pertanyaan ini saya utarakan untuk semua yang membaca catatan saya ini. Dan kali ini saya ingin sekali secara khusus ingin berbincang dengan para peserta didik yang akan menjadi penerus bangsa.

Tanamkan Keikhlasan
Ini adalah masalah pertama yang akan bercang banyak dan berbuah banyak. Cabang dan buahnya akan bergantung dari hal ini. Bila anda ikhlas maka engkau akan giat belajar tanpa perlu ada orang yang menyuruh.

Sudah sangat dimaklumi bila di dunia pendidikan para peserta didik takut nilainya jelek. Maka berupaya mereka menunjukkan kemampuan baik melalui unjuk kerja dalam kelompok atau mandiri. Meskipun ini positif namun bila nilai dari dalamnya tidak diperbaiki maka sangat mengkhawatirkan.

Apa maksudnya? Maksud saya sederhana apabila tidak diluruskan para generasi itu menjadi generasi yang hanya pandai mencari muka kepada manusia. Tentu manusia itu adalah gurunya. Mencari muka ini adalah istilah halus dari k******n. Sangat mengkhawatirkan.

Tahapa berikutnya lebih mengkhawatirkan adalah unjuk kerja itu hanya membuahkan tepuk tangan sesaat. Dan bila itu yang mereka cari sungguh tidak baik untuk kejiwaan mereka nanti setelah berkecimpung dalam masyarakat.

Yang harus diluruslkan pertama kali adalah niatnya. Ikhlas akan membuahkan disiplin yang sempurna. Karena ia akan tetap disiplin meskipun tidak ada orang yang mengkomandonya seperti dalam aktifitas sekolah selama ini.

Ia akan tetap rajin karena merasa bahwa itulah kewajibannya. Dan ini adalah buah dari keikhlasan yang merasa diri selalu berada dalam pengawasan allah SWT. Inilah hal pertama yang akan dan harus dilakukan dan dikejar sebisa mungkin.

Tingkatkan Kemampuan
Bagi para siswa janganlah puas dengan pencapaian ilmu dan pengetahuan yang ada di sekolah. Di luar sekolah pun ilmu banyak. Kembangkan bakat dan tingkatkan penguasaan akan keterampilan yang adabaik sektor bisnis maupun IPTEK.

Iu saja dulu untuk catatan ini. Saya harus menulis yang lain di tempat lain. Silahkan share pengalaman terbaik anda terutama yang berkaitan dengan pembahasan yang ada dalam catatan ini. Semoga saja ini ada manfaatnya.

UN Dihapus, Apa yang Harus Anda Lakukan?

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.