Krimanlisasi, Apa bedanya dengan Fitnah?

Bagi anda yang ingin menjawab tentang tema ini - Krimanlisasi, Apa bedanya dengan Fitnah? silahkan berkirim komentar di kolom yang telah disediakan. Terus terang ini bukan hanya sebuah judul yang basi namun benar-benar aktual.

Ini sangat penting sekali. Sehingga saya mempertanyakan dan mencari jawaban. Harapan saya dengan menyampaikan pertanyaan ini ada yang menjawab dan berbagi pandangan tentang tema ini. Saya rasa harus ada yang menjawab ini (maaf maksa).

Sesungguhnya saya tidak punya jawaban akan hal ini dengan jawaban yang pasti. Namun begitu saya meraba-raba dengan sejumlah pengetahuan yang ada (sebatas yang saya ketahui) bahwa kriminalisasi itu mirip, sama, atau bagian dari fitnah.

Saya memperkirakan bahwa gejala ini merupakan bagian dari dinamika masyarakat yang selalu ada konflik. Ringkasnya tidak setiap orang suka dengan sesuatu, dan tidak setiap oorang benci dengan sesuatu.

Saat ada sesuatu yang tidak disukai maka yang merasa dirugikan akan melaporkan pelaku dan berupaya menyeretnya ke pengadilan dengan serangkaian bukti dan sejumlah saksi yang menyatakan bahwa orang itu melakukan tindakan kriminal.

Ada Baiknya Fenomena Ini


Menuduh orang sembarangan adalah tindakan kriminal dalam hukum apapaun. Bila saja salingfitnah ini ada maka setiap orang harus berhati-hati. Meskipun kondisi ini sangat tidak menyenangkan dan membuat konflik akan semakin membesar dan menentukan (kritis).

Dampak Buruk Kriminalisasi 

Tentu fenomena ini aka membawa dampak yang besar. Semua orang menjadi ketakutan hingga berlanjut ke arah mengurungkan sejumlah tindakan positif dan bermanfaat hanya karean takut tidak disetujui dan khawatir ada orang yang dirugikan.

Demikian catatan saya terhadap trending topic akhir-akhir ini. Tentunya saya hanya menuliskan catatan. Dan saya tidak memiliki kapasitas untuk bicara lebih jauh. Silahkan bagi anda yang ingi berbagi cerita tentang ini kirimkan catatan anda di kolom komentar.

Krimanlisasi, Apa bedanya dengan Fitnah?

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.