Kreatifnya Ulama Kita (Kajian Sejarah)

Ulama adalah orang yang berilmu dan mengajarkan ilmunya. Ulama dipelajari bukan hanya ilmunya namun juga yang terpenting adalah akhlaqnya. Inilah keunggulan ulama dibandingkan dengan ilmuwan atau cendikiawan secara umum.

Dalam agama ilmu melekat dengan Iman yang akan melahirkan akhlaq mulia. Kesempurnaan ilmua tampak dalam akhlaq dan budi pekerti yang baik. Bahkan buahnya ilmu adalah akhlaq yang sesuai dengan yang ada dalam tataran ilmu.

Saya hanya akan mencatat satu bagian saja dari kreatifitas para ulama masa lalu (satu bagian saja dari sekian banyaknya). Bagian itu adalah metode pembelajaran dengan menggunakan teknik nazham. Saya tidak tahu apa ini metode, teknik, atau apapun. Yang jelas para ulama menggunakannya.

Sejak awal belajar saya mendapatkan manfaat yang begitu besar dalam mempercepat penguasaan ilmu agama dengan cara ini. Dalam bidang Aqidah ada nazhamnya, dalam Fiqih juga ada, dan setiap ilmu ada.

Kita mengenal ada nazham Al-Barzanji dalam bidang sirah Nabawiyah. Alfiah Ibn Malik dalam tata bahasa, bahkan para ulama indonesia pun tidak ketinggalan banyak yang mengajarkan ajaran agama dengan nazham.

Catatan tambahan mengenai nazham yang perlu diketahui bahwa ini adalah rangkaian kata-kata yang tersusun dalam pola tertentu dan disenandungkan dengan nada-nada tertentu. cara ini diyakini sangat mempercepat hapalan dan penguasaan materi.
Demikian catatan saya. Semoga para ulama mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Amin

Kreatifnya Ulama Kita (Kajian Sejarah)

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.