Kawah Putih Bandung Ciwidey, Destinasi Terbaik Kategori Taman Wisata Alam Indonesia

Saat pertama kali berwisata ke Kawah Putih saya langsung jatuh cinta di buatnya. Sehabis pelaksanaan Ujian Nasional untuk tingkatan SLTA saya langsung berangkat ke destinasi terbaik di Jawa Barat dan di Indonesia.

Kala itu kami pergi berempat. Saya, kemudian ada rekan saya yaitu Pak Ramdan, Pak Syahrul, dan Ibu Ndo. Dari tempat kami di Cidaun perjalanan ke kawah putih hanya 2 jam perjalanan saja. Bahkan bila mau kami bisa sampai ke lokasi dalam waktu yang lebih singkat.

Kawah Putih Bandung Ciwidey, Destinasi Terbaik Kategori Taman Wisata Alam Indonesia
Saya akan berbagi kebahagiaan dengan Anda saat melihat pemandangan indah yang terbentang antar Cidaun (Cianjur) hingga Kawah Putih. Dari Kawah Putih anda langsung masuk ke sejumlah destinasi, termasuk Cimanggu, Perkebunan Teh, Situ Patenggang, Kawah Rengganis, Pemandian Air Panas Ciwalini, dan sepanjang jalan akan ditemukan berbagai pemandangan yang indah termasuk pesawahan dan air terjun.

Saat berada di Kawah Putih sesungguhnya saya sangat takjub dan merasa sangat terkejut dengan keindahan Kawah Putih ini. Dan sesungguhnya saat itu di dalam perasaan saya menganggap Kawah Putih sebagai keajaiban dan aneh.

Perasaan seperti itu sangat wajar, bukan hanya karena baru pertama kali saja saya mengunjunginya namun bagi saya keindahan Kawah Putih sepertinya memiliki sesuatu yang saya sangat kesulitan menjelaskannya. Barang kali itu perasaan pribadi saja.

Sebelum menuju Kawah Putih kendaraan (terutama roda dua) harus disimpan di parkiran. Karena untuk menuju ke atas ada kendaraan yang khusus. Sering kali kendaraan khusus ini dinamakan ontang-anting. Di dekat area parkiran ada juga loket untuk pembelian tiket. tarif masuknya hanya Rp 36.000 (harga saat itu).

Selanjutnya setelah mendapatkan tumpangan kita akan dibawa ke lokasi utama Kawah Putih. Jaraknya hanya 5.6 KM saja. Sepanjang jalan akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang sangat indah, sejuk, dan minim polusi.

Setiba di lokasi, Kawah Putih akan terlihat sangat anggun dan berwibawa. Pemandangan di sana deperti di China. Lebih tepatnya saat anda menuruni tangga ada sensasi yang sama dengan menuruni Tembok Besar China (Tiongkok).

Kawah Putih adalah lokasi yang bagus untuk berfoto. Saat itu saya mengambil beberapa gambar dan kualitasnya sangat bagus. Padahal saat itu kamera di HP saya saa sekali bukan kamera yang bagus untuk berfoto.

Saat berada di Kawah Putih sebaiknya memakai masker. Biasanya ada yang menjual masker di pintu masuk atau loket pemerikasaan tikret. Kawah Putih memang berbau yang cukup menyengat. Bagi yang tidak tahan bisa membuatnya sesak napas.

Di lokasi ini tersedia area terbuka hijau dan halaman yang luasa untuk bersantai dan menghirup udara segar. Tersedia juga WC yang nyaman. Dan bagi yang hobi kuliner disediakan restoran yang didekatnya ada tempat parkir roda empat dengan tarif Rp 150.000 (tarif saat itu).

Di area sekitar Kawah Putih juga banyak penginapan untuk akomodasi. Tersedia sejumlah hotel yang bagus dan cukup memberikan kenyamanan bagi para traveller dari jauh. Saat itu kami tidak menginap karena akan langsung ke Bandung. 

Nah, Bagi Anda yang akan merencanakan berkunjung ke Kawah Putih sebaiknya dikakukan saat hujan tidak turun. Selain akan lebih maksimal gambar yang dihasilkan pun akan lebih bagus dan terlihat cerah.

Selamat berlibur.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.