Doa-Doa Khusus di Saat Galau dan Hati Tidak Menentu dari Al-Quran dan Al-Sunnah

Apakah anda sedang galau saat nembaca tulisan saya ini? Bila faktanya anda sedang tidak menentu suasana hatinya, saya doa'akan sahabat agar perasaan tersebut hilang seketika. Percayalah selama sahabat beriman akan keberadaan Allah yang Maha Penolong semua akan indah tepat pada waktu yang ditetapkan-Nya.

Yang sangat perlu anda lakukan adalah melapor kepada-Nya. Katakan dan mendekatlah kepadanya. Ia Tuhan yang Maha Tahu dan sahabat adalah makhluq-Nya yang beradab. Katakanlah, Sahabat sangat membutuhkan pertolongaan-Nya.

Jangan biarkan kegalauan yang sedang mengharu-biru hati dan perasaan menguasai diri sahabat. Kegalauan apapaun yang mengedurkan semangat beribadah dinilai tidak baik dan harus segera dihapus dengan kembali semangat untuk mendekat kepada-Nya.

Sebagai dukungan saya kepada sahabat, saya akan berbagi doa dengan sahabat. Doa ini sering kali saya baca saat dilanda perasaan seperti yang anda rasakan sekarang. Dan sudah saya rasakan ketenangan mulai memeluk saya dengan damai sebelum, sedang, dan setelahnya.

Pertama 
Lantunkanlah istighfar. Karena yang saya pahami selama ini adalah aapun bentuk kegalauan, baik tampak dala bentuk kesedihan, kekhawatiran, kecemasan, ketakutan, yang terkadang datang tiba-tiba adalah karena perbuatan dosa yang dilakukan.

Hati akan tersiksa dengan dosa yang kita lakukan. Saat kita melakukannya ia menjerit dan menyuarakan rasa nyeri yang memilukan. Selanjutnya kita takut dosa itu terbongkar. Atau setelah kita sadar betapa menyakitkannya apa yang telah kita lakukan kepada orang lain yang berupa kesalahan tersebut.

Kedua 
Lantunkalah ucapan laa haula walaa quwwata illa billahil'aliyyil'azhiimi. Katakan pada Allah bahwa anda memang tidak berdaya menghadapi semua itu. Kalaupun ada kekuatan itu tidak cukup untuk menyelesaikan semuanya. 

Ucapan ini sangat bagus bila digabungkan dengan ucapan hasbiyallahu wani'mal wakiil. Serahkan diri sahabat sepenuhnya hanya kepada Allah. Dan nyatakan di dalam hati bahwa hanya Allah saja yang pantas diminta pertolongan.

Ketiga
Lantinkanlah doa yaa hayyu yaa qayyum birahmatika nastaghiitsu. Lakukan berulang sebanyak-banyaknya. Jangan terputus walaupun masalah telah berlalau. Mengapa demikian karena seakin sering memohon pertolongan maka semakin besar pula kasih sayang Allah kepada anda.

Demikian saja. Tentunya seluruh ayat Al-Qur'an dapat anda baca. namun bila sekiranya waktu anda melakuannya sangat terbatas bisa membaca surat-surat tertentu seperti surat Al-Ikhlas dan yakinkan diri anda bahwa kegalauan ini adalah ujian yang akan segera diangkat Allah SWT.

Doa-Doa Khusus di Saat Galau dan hati Tidak Menentu dari Al-Quran dan Al-Sunnah

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.