1 Sifat yang Paling Dibenci dari Pak Haji (Kajian Aktual dan Faktual berdasarkan Observasi Akurat)

Ada 1 Sifat yang Paling Dibenci dari siapaun yang punya titel Haji. Artinya orang yang sudah menunaikan ibadah haji ke Makkah akan dibenci bila memiliki dan menjalankan sifat dan kelakuan ini.

Tiada lain, sifat itu adalah Bakhil bin kumed alias kikir. Mengapa sifat kikir ini menjadi yang paling dibenci dari seorang yang bertitel haji? Karena kedermawanan adalah tanda utama dari kemabruran haji. 

Kedermawanan adalah sifat yang paling diharapkan dari orang yang naik haji sepulangnya ia dari mennaikannya. Secara langung dapatlah dikatakan bahwa kedermawanan adalah 1 tanda paling utama dan jelas dari orang yang naik haji.

Bagaimana dengan sifat mulia (akhlaq kariimah) yang lainnya semacam baik hati, semakin rajin ke masjid, semakin santun, semakin bagus kelakuannya, dan yang lainnya? Itu semua adalah tanda-tanda kemabruran haji, Namun semua itu tanpa kedermawanan menjadi seperti tidak berguna.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi cara pandang seseorang akan hal ini. Yang paling jelas adalah banyak orang yang berpikir bahwa orang yang mampu naik haji adalah orang yang banyak uang. Maka bila sepulang haji tidak dermawan malahan kikirnya makin pahit (misalnya) maka itu sama sekali bukan yang diharapkan. Bila terjadi Pak haji ini semakin pelit saja maka tetangganya akan memberikan label haji medit kepadanya.

Semoga kita yang sudah berhaji semakin dermawan, tidak pelit, tidak kikir, tidak medit. Amin

Semoga orang ini menjadi dermawan dan kaya raya ... Amiiin

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.