Yang Terbaik Menurut Rasulullah SAW

Alhamdulillah

Allahumma shalli wasallim 'ala Rasulillah

Wa alihi waman waalah

Ghufranaka Rabbana wailaika Al Mashir

Silahkan dibaca: 20 Doa Rasulullah SAW Sepanjang Waktu Tidak terbatas Waktu


Mencintai Rasulullah dan mengikutinya adalah tanda cinta kepada Allah. Ini merupakan jalan yang besar dan lurus. Siapa yang melalui jalan ini akan selamat di dunia dan di akhirat.

Diantara tanda cinta kepada Rasulullah adalah senantiasa rindu kepadanya dan ingin bersua dengannya. Dan kini Rasulullah telah tiada. Namun Rasulullah memiliki peninggalan yang harus kita pegang teguh, yakni Al Qur'an dan Al Hadits.
Rif ... lakukan apa yang kamu katakan


Bacalah Al Qur'an Al Karim. Maka di dalamnya kita akan mendapatkan aqidah yang lurus, keimanan yang kuat, keyakinan yang kokoh, ketakwaan yang mengakar, kehalusan akhlaq yang menghiasi, peradaban yang cemerlang, berita yang agung, janji yang membangkitkan perjuangan, ancaman yang menciutkan kesombongan, ajaran yang suci, tuntunan yang mengaragkan, dan banyak lagi.

Maka bacalah Al Hadits, dengarkan tuntunan Raslullah dari para ulama, resapi dengan seksama, seolah kita baru pertama kali mendengarnya, duduklah yang khusyu seperti kita duduk saat mendengar Rasulullah bersabda.

Rasulullah Saat Berbicara

Dari keterangan para cendikiawan kita bisa mengetahui bagaimana bila Rasulullah berbicara. Ia lebih banyak tersenyum bila berkata kepada orang lain dan bila sendirian ia sangat serius dengan amal-amalnya.

Ia mengetahui logat-logat orang-orang Arab. Dari daerah hadhari yang beradab sampai badwi yang jauh dari kemajuan. Ia fasih dan berisi dalam berbicara. Bila ia sedang marah nadanya meninggi dan biji matanya memerah, namun isi yang disampaikannya adalah kebenaran. Ya dikala marah atau tenang ia berkata selalu benar dan bernilai tinggi. Perkataan yang akan tetap ditulis dengan tulisan yang kekal.

Ia Manusia Terbaik

Muhammad Rasulullah adalah manusia terbaik dari semua keturunan adam. Ia juga makhluk terbaik yang Allah ciptakan. Kedatangannya adalah untuk menyempurnakan akhlak. Dan Islam adalah agama yang mengajarkan Akhlaq yang baik dan benar.

Satu lagi mengapa ia menjadi manusia terbaik, saya berfikir bahwa ia mendapatkan semua itu adalah karena ia mau umatnya menjadi orang-orang yang termasuk golongan yang terbaik dalam pandanan Allah. Yaitu orang-orang yang memenuhi kriteria terbaik seperti yang dijelaskan Allah dalam Al Qur'an dan kemudian diperinci oleh Rsulullah dalam sabda-sabdanya.

Dan yang terbaik menuru Rasulullah adalah orang yang memberikan manfaat kepada orang lain. Dari ungkapan ini kita harus pro-aktif. Sambil memperbaiki diri kita maka kita juga berupaya bersama orang lain memperbaiki yang masih belum baik. Jangan menunggu sempurna. Lakukan saja.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.