Menjadi Guru Blogger, 1.000.000 Keuntungan

Membahas tema ini saa ingin mengawali dari prasa Guru Blogger. Dalam Bahasa Arab secara singkat dijelaskan bahwa apabila ada du akata benda bersatu membentuk satu frasa maka minimal ada 3 pengertian yang akan dihasilkan.

Apa itu?
Pengertian pertama menunjukkan arti kepunyaan. Maka pengertian Guru Blogger bisa diartikan Guru itu adalah gurunya seorang blogger. Pengertian kedua menunjukkkan arti bagian dari kumpulan. Maka Guru Blogger bisa diartikan guru itu merupakan bagian dari para blogger. Dan pengertian yang ketiga adalah pengertian termasuk. maka Guru Blogger berarti guru yang termasuk ke dalam kalangan blogger.

Sudut pandang lain secara alamiah bisa juga mengandung dua pengertian. Pertama Guru Blogger adalah gurunya seorang blogger. Misal Bapak atau Ibu Guru itu mengajar dan mendidik peserta didik yang berprofesi sebagai blogger meskipun guru itu tidak mengajarkan tentang blogging.

Pengertian kedua, secara alamiah Guru Blogger juga mengandung citra atau kesan dan pengertian sebagai keahlian. Artinya Guru Blogger adalah Guru yang pandai nge-blog dan ia mengajarkan kembali ilmunya kepada para blogger lainnya.

Dan yang ketiga Guru Blogger mengandung sifat yang menerangkan hal ihwal seorang guru. Maka Guru Blogger bisa mengandung pengertian bahwa Orang itu seorang guru sekaligus juga seorang blogger.
Itulah otak-atik kebahasaan yang saya tahu dari sudut pandang ilmua Bahasa Arab dan ilmu Bahasa Indonesia yang aktual dan faktual. Dan dalam tulisan ini saya ingin menambahkan sudut pandang lain dari segi bisnis dan ekonomis dalam artikel Guru Blogger ini.


Menjadi Guru Blogger, 1.000.000 Keuntungan

Apa untungnya jadi Guru Blogger. Bukankah sebagai guru saja begitu banyak yang harus diurus dan diselesaikan. Apalagi tuntutan zaman di masa sekarang yang menuntut seorang guru untuk bertanggung jawab dan mampu pempertanggung-jawabkan kegiatan pembelajaran.

Memang benar sekarang ini Guru diharuskan memiliki sikaf yang responsible dan juga accountable. Dokumen yang harus dipersipkannya begitu banyak. Dan bila semua harus dilakukan sesuai prosedur maka akan menghabiskan seluruh waktunya.

Bagi saya menjadi Guru Sekaligus Blogger banyak keuntungannya. Bila dihitung mungkin bisa namuak sekali. Selain bisa belajar banyak ilmu tentang blogging juga di sela-sela aktifitas tersebut bisa juga membaca artikel-artikel yang berkualitas dari berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan.

Itu baru keuntungan yang dapat dirasakan umum. Dan bila dalam dunia blogging itu kemudia Ia melakuan monetisasi terhadap blognya maka Ia akan menghasilkan untung banyak. Saya memiliki teman yang sudah melakukan bisnis ini selama satu tahun dan ia menapatkan 6 juta dari blognya.


Apakah Aktifitas ini Menyita Waktu?

Sebagai seorang guru yang sudah terbiasa dalam disiplin dan cerdas dalam mengatur jadwal kegiatan maka seharusnya bisa melakukannya dalam waktu yang ditetapkan. Namun bila tidak dapat memperkirakan dan belum bisa mengadakan waktu khusus mak Ia dapat melakukannya sambil melakukan aktifiitas. Dan sekarang blogging ini dapat dengan mudah dilakukan di smartphone atau HP.


Mengasah Kemampuan Menulis

Bukan orang lain yang merasakan ini namun saya merasakannya sendiri, bahwa kemampuan menulis dan mencurahkan gagasan dan ide dalam bentuk tulisan akan terasa sangat sulit bagai yang tidak terbiasa. Jangankan menulis jurnal ilmiah yang harus dengan data dan fakta yang pasti bahkan untuk menulis sekedar curahan hati atau mengarang bebas pun terkadang tidak mampu.

Maka dalam dunia blogging selain bisa menguntungkan dan menghasilkan jutaan dollar jugabisa mengasah ilmu dan pengetahuan karena sebab dilatihnya kemampuan menulis. Maka dengan begini daya kritis dan analisis seorang guru akan kembali tajam seperti ia berada pada masa kuliah dahulu.

Sampai di sini dulu catatan saya untuk tema ini. Semoga ada manfaatnya. Maafkan saya bila banyak kesalahan. Silahkan bagikan tulisan ini bila Anda mendapati di dalamnya setitik kebaikan, secercah kalimat yang memberi harapan, atau serbuk kata yang menebarkan kebenaran.



logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.