Pengalaman Berbisnis Jual Beli Tanah Dengan Penghasilan Ratusan Juta Satu Kali Transaksi

Beberapa saat yang lalu ada pengalaman luar biasa dalam hidup saya. Saya jadi belajar banyak hal tentang bisnis tanah yang banyak memberikan pengalaman dan juga pelajaran. Pantas saja Salah satu yang bisa menjadi bahan pertimbangan penilaian saat kita akan mengajukan penilaian kepada seseorang adalah menjawanb pertanyaan, "Apakah anda pernah melakukan transaksi dengannya?"

Pembawaan alamiah adalah setiap orang tidak ingin rugi dan setiap orang yang berusaha adalah dalam rangka mencari untung. Dan saat-saat ini sangat urgen dan menentukan. Sampai di sini dapatlah penilaian kepada seserang dimulai. Jujurkah ia, serakahkah ia, penuh tipu dayakah ia, dan seterusnya.

Pengalaman Berbisnis Jual Beli Tanah Dengan Penghasilan Ratusan Juta Satu Kali Transaksi


Saya pernah mengalami jual beli ini dengan keuntungan yang sangat luar biasa dari sisi jumlah. Namun begitu pada praktiknya saya berhenti dan mengatur ulang langkah bisnis saya. Saat itu yang dilakukan adalah percaloan namun terasa masih menyisakan gharar yang besar bagi saya. Ketidak-adaan transparasnsi dalam bisnis pada akhirnya memang akan menimbulakn kegelisahan bagi semua pihak.

Saat para makelar mendapatkan untung berlipat hanya dengan modal omongan dan negoisasi sementara sanga pemilik hanya mendapatkan harga yang tidak pantas dan terasa ada pengelabuan. Sampai di titik ini terasa ada ganjalan daam hati.

Setelah kami membaca isi hati akhirnya berhenti setelah praktik seperti ini tidak lurus dalam banyak hal. Sebaiknya memang kami membeli tanah itu walaupun dengan berhutang. Setelah itu saya bisa menjualnya kepada orang lain dengan harga sekehendak saya. Itu mungkin terbaik dan paling menenangkan untuk dilakukan.

Pelajaran yang dapat diambil dari pengalaman ini adalah bahwa terbukti kebahagiaan itu tidak berbanding lurus dengan banyaknya uang yang dikumpulkan. Dan yang paling asasi adalah bila nurani telah menolaknya maka segala sesuatu yang pada awalnya merupakan modal untuk bahagia malah membuat hati merana dan kepekaannya bisa terus menipis.

Semoga anda semua yang telah berkenan lama-lama membaca catatan singkat ini dapat mengambil pelajaran. Dan sangat mungkin anda menemukan sudut pandang lain selain yang saya lihat ini dengan lebih baik dan menemukan solusi untuk bisnis bagus dan halal yang ingin sekali kami jalankan.


logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.