Memperhatikan Jadwal Waktu Shalat

Waktu shalat fardhu harus kita perhatikan. Ini karena menunjukkan kwalitas ibadah kita kepada Allah. Salah satu tanda bahwa kita benar-benar beriman adalah besarnya perhatian kita terhadap aspek ibadah dan hal-hal yang menambah kesempurnaannya.

Diantara kesempurnaan perhatian kita terhadap ibadah adalah memperhatikan waktu-waktu ibadah. Sebagaimana kita mencintai allah SWT, maka kita harus sangat memperhatikan waktu untuk menemui dan munajat kepadanya.


Seluruh waktu di dunia adalah saat-saat terbaik untuk beribadah kepada Allah. Dan setelah dunia kita berakhir maka kita tinggal memetik hasil dari amal-amal kita. Maka kita harus menggunakan waktu kita dengan sebaik-baiknya untuk beribadah.

Waktu-waktu shalat adalah saat-saat terbaik untuk bermunajat kepada Allah. Karena shalat berisikan do'a-do'a maka waktu-waktu shalat adalah fasilitas dari Allah untuk kita. Kita harus bisa menggunakannya dengan sebaik-baiknya.

Kalau kita menyukai sesuatu tentu kita akan sangat memperhatikan waktu pertemuan atau melihat sesuatu itu, dan kita tidak ingin mengulur waktu dan tentu tidak ingin terlambat sama sekali. Contoh; bila kita suka nonton pertandingan sepak bola maka kita pasti akan melihat jadwal pertandingannnya, kapan itu dimulai. Setelah itu di dalam hati telah ada niat untuk menyempatkan menonton, tidak ingin terlambat dan merasa kurang pas bila menonton dari tayangan ulang.

Sikap kita terhadap waktu-waktu shalat itu haruslah lebih baik dari sikap kita saat memperhatikan jadwal pertandingan sepak bola atau hal-hal yang lain yang kita sukai. Ingat shalat adalah ibadah yang Allah syari'atkan. Bila kita melakukannya maka Allah akan memberikan rahmatNya kepada kita. Setelah itu kita akan dimasukkan ke sorgaNya dengan rahmat itu. Amin.

Dalam keterangan dari rasulullah saw kita dapatkan penjelasan bahwa diantara amalan-amalan yang berpahala besar adalah menunggu shalat setelah shalat. Di sini tersirat bahwa kita harus memperhatikan waktu-waktu shalat.


Semoga ...

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.