Ternyata ini Perbedaan Matematika, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris

Antara Matematika dan Bahasa 

Apa sih yang menjadi perbedaan antara Matematika dan bahasa? Ah rasanya tidak terlalu sulit untuk ngejawab  pertanyaan usil ini. Bagi yang mampu 'tuk menjawabnya silakan kirim lewat kolom komentar di bawah ini.

Menurut Kebanyakan Orang

sebenarnya bukan orang kebanyakan yang saya maksud. Maksudnya ada orang yang mengatakan bahwa Matematika itu urusannya adalah logika. Dan bahasa juga urusan logika.

Dalam literatur moderen dikatakan bahwa logika itu adalah pekerjaan otak kiri. Karakteristikya berbeda dengan otak kanan yang lebih imajinatif. Dalam hal ini maka apa hubungannya antara Matematika dan bahasa.

Perkiraan Saya

Dalam hal ini  saya sendiri mengira bahwa otak manusia begitu canggih. Ia bisa bekerja dalam waktu yang sama antara otak kiri dan kanan. Bahkan dalam matematika pun ada bilangan imaginer dan pengandaian.

Pengalaman Kawan-Kawan

Perbedaan antara Matematika, Bahasa Arab, dan Bahasa inggris dapat mudah diamati saat ada ujian ketiga disiplin ilmu tersebut. Apakah yang terjadi. Sebentar lagi akan kita ikuti.

Matematika

Saat siswa-siswa mengisi soal-soal matematika terlihat jelas antusiasmenya. Tandanya adalah pada pandangan mata yang tajam melihat soal. Sikap tubuh pun sigap dengan sikap punggung membungkuk.

Meskipun semua itu sama sekali bukan menjadi ukuran namun setidaknya tanda atau gejala-gejala itu menunjukkan bahwa ilmu matematika itu disukai banyak orang. Apalagi saat ia menghitung uang hasil keuntungan.

Bahasa Inggris

Saat mengisi soal-soal Bahasa Inggris sikap tubuh hampir serupa dengan sikap tubuh dan mimik wajah saat mengerjakan soal matematika. Dalam hal ini mereka antusias sekali.

Bahasa Arab

Saat mengerjakan soal bahasa Arab terlihat mimik wajah berubah seperti ada kemalasan di sana. Cara membaca soal pun dengan pandangan jauh dan tidak tajam lagi.

Tidak Bisa Digeneralisir

Semua yang terjadi di atas tidak berlaku pada setiap tempat. Itulah yang disaksikan oleh kawan-kawan kami belum lama ini. Di tempat lain anak-anak sangat antusias terhadap semua pelajaran itu.

Apa Pendapat Mereka

Mereka berpendapat bahwa belajar Bahasa Inggris lebih sulit dari pada belajar Matematika. Dan belajar Bahasa Arab lebih sulit dari pada belajar Bahasa Inggris. Itulah satu dari sekian banyak pendapat.

Apa Yang Kurang Dalam Bahasa Inggris

Kalau soal Bahasa Inggris jawabannya masih bisa diperkirakan asalkan soalnya bisa dibaca dahulu. Bagaimana bila soal yang bentuknya menyimak? Itulah kelemahan mereka. Kalau sudah listening maka tak satu pun yang dipahami.

Apa yang Harus Dibenahi

Kurangnya fasilitas bukanlah alasan untuk menjadi lebih baik. Dahulu pun banyak orang berhasil dalam belajar dengan fasilitas yang minim. Namun ada satu yang tidak boleh tidak harus berkualitas yaitu GURU.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.