Kapan Puasa 2016 Akan Dilaksanakan

Dengan berkat rahmat Allah SWT kita telah berada di Bulan Sya'ban dan sebentar lagi Ramadhan. Pertanyaan kapan Bulan Ramadhan akan tiba? Bertepatan dengan tanggal berapa bulan masehinya.

Yang Jelas Ramadahan 1437 kali ini berada di Bulan Juni 2016. Yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah soal harinya. Hari apa akan berlangsung dan hilal sudah menunjukkan masuknya Bulan Ramadhan.

أملي الجنة
Jauh-jauh hari ulama ahli perhitungan atau yang biasa disebuat para ulama pakar ilmu hisab menunjukkan bahwa Bulan Ramadhan 2016 akan terjadi pada Hari Senin tanggal 13 Juni. 

Tentunya perhitungan ini sudah melalui serangkaian prosedur sebagaimana yang diatur dalam ilmu falaq. Penulis sendiri pernah belajar mengenai ilmu ini. Bila anda suka akan ilmu hitung atau matematika maka tidak akan terlalu sulit untuk memahami.

Saudara-saudara yang lain masih menunggu keputusan sidang itsbat yaitu sidang penentuan 1 Ramadhan yang diselenggarakan pemerintah melalui kementerian Agama.

Sikap mana yang harus diambil. Tentu bagi yang sudah mempunyai kapasitas berijtihad dalam menentukan tanggal itu maka tidak ada salahnya untuk mengamalkan yang diyakininya.

Dan bagi masyarakat awam lebih baik mengikuti pendapat dan keputusan pemerintah. Sebagaimana yang ada dalam keterangan bahwa kita harus mengikuti kumpulan orang baik dan soleh serta berilmu dalam hal yang kita tidak paham terhadapnya.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.