Wajib Baca!!! DOA NABI MUSA, AYUB, DAN NABI YUNUS PENGHILANG GELISAH, BINGUNG, SEDIH, DAN PENYAKIT MENAHUN

Lebah Madu Kang Aip - Mengucapkan "sabar ya" kepada yang sedang terkena musibah memang sanga mudah. Namun saat kita yang mengalaminya ternyata sangat berat. Kita limbung, pingsan, serasa mau mati saja.

Rasa gelisah menghantui kita. Ia bagian dari ketakutan akan hal yang belum terjadi. Gelisah ini adik dari kebingungan. Keduanya karena berhubungan masa depan yang tidak pasti. Faktornya bisa karena kurang ilmu, kurang informasi, dan kurang siap.

Wajib Baca!!! DOA NABI MUSA, YA'QUB, DAN NABI YUNUS PENGHILANG GELISAH, BINGUNG, SEDIH, DAN PENYAKIT MENAHUN
Wajib Baca!!! DOA NABI MUSA, YA'QUB, DAN NABI YUNUS PENGHILANG GELISAH, BINGUNG, SEDIH, DAN PENYAKIT MENAHUN

Maka ucapkanlah;

رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا
Rabbi zidnii 'ilaman
Duhai Tuhanku tambahkanlah ilmu padaku

اَللهُمَّ أَلْهِمْنِيِ رُشْدِيْ
Allaahumma alhimnii rusydii
Allaahumma alhimnii rusydii
Duhai Allah, berikan ilham petunjuk kepadaku

Teruslah baca do'a ini sesering mungkin, sebanyak mungkin, dikala siang dan dalam perkumpulan yang banyak. Baca juga doa Nabi Yunus. Kedua doa ini diajarkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim alaihimussalam.

Wajib Baca!!! DOA NABI MUSA, YA'QUB, DAN NABI YUNUS PENGHILANG GELISAH, BINGUNG, SEDIH, DAN PENYAKIT MENAHUN
Wajib Baca!!! DOA NABI MUSA, YA'QUB, DAN NABI YUNUS PENGHILANG GELISAH, BINGUNG, SEDIH, DAN PENYAKIT MENAHUN

Nampaknya dunia sedang banyak dirundung kesedihan berat. Sedih artinya menangisi kebahagiaan di masa lalu yang kini hilang. Seorang lelaki yang hidup selama 20 tahun dengan istrinya akan sangat bersedih saat istrinya tiada. Lelaki itu menangisi bukan hanya istrinya namun juga menangisi kebahagiaan saat dulu bersamanya.

Maka saat bersediah ucapkanlah;

إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ
Innaa lillaahi wainna ilaihi raaji'un
Sesungguhnya kami milik Allah dan hanya kepadanya kami kembali

Saat kebingungan dan kesedihan menghampiri maka upayakan jangan panik, dan bacalah doa Nabi Yunus. Bacaan doa ini bisa dibaca saat gelisah, bingung, sedih, dan saat menghadapi persoalan berat. Baca juga Doa Nabi Ayub untuk memohon kesembuhan. Ingat kita hanya disuruh untuk menghadapi dan biarlah Allah SWT yang mengatasi.

Nabi Yunus begitu bersedih dan menyesal atas kesalahn yang ia lkukan, ia pun bingung dengan kebingungan yang sangat, ia pun gelisah. Baca juga Doa Nabi Yunus. Bila tanpa karunia dari Allah SWT maka ia tentu akan sangat merugi. Dan Allah menghilangkan kebingungannya setelah ia bermunjat dengan do'a ini;

 لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيِنَ
Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh zhaalimiin
Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang zhalim.

Saat Nabi Musa diperintahkan untuk berdakwah di depan Fir'aun dan bala tentaranya, Nabi Musa berdoa kepada Allah swt dengan do'a ini;

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ وَاحْلثلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ يضفْقَهُوْ قَوْلِيِ
Rabbisy rahlii shadrii, wayassir lii amrii, wahlul 'uqdatam millisaanii, yafqahuu qaulii
Duhai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkan lah bagiku urusanku, lepaskanlah ikatan di lidahku, supaya mereka memahami ucapanku.

Doa memohon kelapangan dada, kemudahan, dan kefasihan ini harus terus dibaca saat kita sedang berada dalam keadaan minder, gerogi, gemetaran, takut, keder, dan merasa rendah diri. Juga saat kita sedih, bingung, dan sakit, karena saat-saat itu kalau tanpa pertolongan dari Allah SWT hanya akan membuat sempit dada kita. 
    

Doa yang diajarkan oleh Allah SWT melalui lisan nabi Ayub alihissalam begitu istimewa. Ia memohon kesembuhan dari penyakit berat. Teruslah lantunkan doa nabi Ayub alaihissalam yang singkat ini;

أَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ
Annii massaniadh dhurru wa-anta khairur raziqiin
Sesunguhnya aku terkena penyakit, dan Engkau Maha Penyayang

Sebelum berdoa ikhlaskan niat, pusatkan pikiran, perbesar baik sangka kepada Allah dengan cara semangat beramal, sabar menanti ijabah, membaca shalawat, memuji Allah dan mohon ampun.

Mari perhatikan gambar dari أملي الجنة berikut ini sebagai pengingat!!!


semua doa ini ada daalam Al-Qur'an. Sebisa mungkin kita harus mengupayakan membaca Al-Qur'an dari awal sampai akhir secara rutin, berkala, dan istiqamah. Semua tentang tips dan trik serta jurus menghadapi persoalan hidup dunia-akhirat ada dalam kitab suci ini.

Semoga Allah membalas dengan pahala yang baik atas rasa sedih, sakit, dan kebingungan kita, dan menggantinya dengan kemakmuran, kesejahteraan, kelapangan, kebahagiaan, dan keindahan hidup.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.