INILAH HASIL PERINGATAN ISRA MI'RAJ MALAM TADI

INILAH HASIL PERINGATAN ISRA MI'RAJ MALAM TADI - Sebelum semua lupa hingga tidak bermanfaat lagi maka kamituliskan hasil tolabul ilmi malam tadi pada acara peringatan Isra Mi'raj sekaligus tasayakuran pernikahan puteri bapak Atma.

Dari atas panggung banyak sekali mubaligh memberikan pencerahan. Dan catatan ini mencoba menuliskan bagian-bagian penting yang kami ingat.

Ada renungan yang mendalam dalam ceramah semalam. Di antara isinya adalah sabda Rasulullah SAW yang mengabarkan bahwa pada saat dunia akan kiamat maka manusia akan menyukai 5 hal dan melupakan 5 hal lainnya. Keterangan ini ada dalam kitab nasa-ihul'ibad karya Imam Nawawi Al-Bantani.

INILAH HASIL PERINGATAN ISRA MI'RAJ MALAM TADI
الصورة من: أملي الجنة

Pertama

يُحِبُّوْنَ الدُّنْيَا وَيَنْسَوْنَ الْعُقْبى
Mencintai dunia dan melupakan akhirat.

Karena ini sabda Rasulullah SAW pasti benar. Dan terbukti terjadi juga pada diri penulis. Faktanya memang sering sekali diri ini terlena leh haliah dunia dan melupakan hal-hal yang bisa menjamin keselamatan di akhirat.

Kedua

يُحِبُّوْنَ الْمَالَ وَيَنْسَوْنَ الْحِسَابَ
   Mencintai harta dan melupakan hari perhitungan.

Bagian kedua ini juga benar. Bahkan kebanyakan orang sedikit sekali imannya akan yang namanya hisab ini.

Ketiga

يُحِبُّوْنَ الدَّارَ وَيَنْسَوْنَ الْقُبُوْرَ
Mencintai rumah dan melupakan kubur.

Bagian ini pun rupa-rupanya benar sekali. Tanpa sadar hidup sudah banyak berlaku jahat. Diri begitu angkuh hingga tidak sadar sebelah kaki sudah ada di jurang kubur.

Sebenarnya ada lima dan saya tidak salah mendengar. Barangkali saya cuma mendengar bukan sengaja mendengarkan. Karena menurut para ilmuwan ada beda antata "hearing" dan "listening". 

Hanya tiga ini yang bisa teringat semoga saja bermanfaat khusus bagi penulisnya dan umum bagi yang mengambil manfaat darinya. Amin. Dan bila nanti kami bisa mengingatnya akan kami lanjutkan tulisan ini dalam lanjutan catatan ini.   

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.