DOA SAAT TERJADI GEMPA BUMI

DOA SAAT TERJADI GEMPA BUMI - Gempa bumi merupakan peristiwa yang mengagetkan banyak orang. Bahkan bukan hanya manusia yang yang kaget namun juga hewan-hewan juga mersakan hal yang sama bahkan hewan lebih sensitif lagi.

Gempa bumi bisa mendatangkan bencana besar. Ia bisa jadi merupakan rangkaian dari proses vulkanik atau tektonik. Gempa bumi vulkanik adalah gempa yang disebabkan karena katifitas gunung berapi. Sedangkan gempa bumi vulkanik adalah gempa yang disebabkan aktivitas pergerakan lapisan bumi. Tidak jarang setelah gempa bumi lahar panas, api, batu, dan abu panas menimbun daerah sekitar beserta sawah, ladang, ngarai, lembah, flora dan faunanya. Tidak jarang pula setelah gempa bumi ada pasang besar dan tsunami yang dahsyat.

Terjadinya gempa bumi dapat dimaknai sebagai teguran atas kemaksiatan yang kita lakukan. Maka jalan terbaik yang harus kita lakukan saat terjadinya gempa adalah berdzikir mengingat Allah swt dengan dzikir yang mudah bagi kita. 

DOA SAAT TERJADI GEMPA BUMI
DOA SAAT TERJADI GEMPA BUMI

Yang bisa kita baca di antaranya adalah;

Pertama
Beristighfar

Kita boleh menggunakan banyak redaksi yang kita ingat baik yang panjang atau pendek. Misalnya mengucapkan;

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ
رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ

Tentunya masih banyak Doa Memohon Ampunan Allah atau Istigfar dalam redaksi yang sangat beragam dan melimpah. 

Kedua
Berdoa

Dalam sejarah Rasulullah saw disebutkan bahwa pernah terjadi gempa besar. Saat itu Rasulullah bersabda bahwa gempa itu datang untuk mengingatkan kita. Beliau berdoa; 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي شَامِنَا وَفِي يَمَنِنَا
Ya Allah berkatilah Syam kami dan Yaman kami.

Kita boleh menggantinya dengan ungkapan seperti dalam doa Rasullullah saw ini dengan misalnya, Ya Allah berkatilah kampung kami dan negara kami. dan sebagainya

Boleh juga dengan membaca doa berikut ini


اللّهمّ انّي أسألك خيرها وخير مافيها وخير ماارسلت به واعوذ بك من شرّها وشرّمافيها وشرّماارسلت به

ALLOHUMMA INNI AS’ALU KHOIROHA WA KHOIROMA FIHA WA KHOIRO MA ARSALTA BIHI, A’UDZUBIKA MIN SYARRIHA WASYARRIMA FIHA WA SYARRI MA ARSALTA BIH.


Artinya: “Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan  apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan .”

Demikian doa-doa yang bisa kita baca saat terjadinya gempa. Semoga Allah melindungi kita dari marabahaya. Amin

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.