DOA ORANG KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN

DOA ORANG KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN - Sifat manusia yang melekat selamanya adalah fakir. Artinya ia akan selalu berada dalam situasi membutuhkan. Maka ia pun akan berupaya menutupikebutuhannya.

Di antara kebutuhan itu ada yang sifatnya sangat mendesak. Ini biasanya menyangkut kelangsungan hidupnya atau harga dirinya. Ia akan sekuat tenaga memenuhi kebutuhan ini. Ia tidak mau hidupnya berakhir dan ia tidak mau harga dirinya diinjak orang. Bahkan persoalan harga diri ini dalam takaran tertentu lebih penting dari pada nyawa sekalipun.

Saat ada urusan yang membuat kita tersudut, kepepet, dan terdesak ke pinggiran hingga hilang daya kita, dan kita sudah tidak mendapatkan lagi pegangan dan sandaran, maka kepada siapa lagi kita akan datang untuk memenhi harapan? Bagi yang bertuhankan Allah swt. maka ia akan bersimpuh mengikhlaskan hati pada-Nya.

DOA ORANG KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN
DOA ORANG KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN

Berkaitan dengan DOA ORANG KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN ada yang sangat perlu kita pahami dari awal bahwa kita adalah makhluk Allah. Kita makhluk yang banyak memiliki keterbatasan. Sedangkan Allah swt. adalah Tuhan yang tidak dibatasi sesuatu. Kita sangat faqir kepadanya.

Kita tahu ada banyak keinginan dan kebutuhan dalam diri kita. Dan kita juga harus tahu bahwa Allah swt tahu yang kita inginkan an sangat tahu apa yang kita butuhkan. Sebagai manusia yang lemah terkadang mengira sesuatu baik namun ternyata tidak baik. Manusia sering tidak mengharapkan sesuatu terjadi pada dirinya padahal itu baik baginya.

Kemudian DOA ORANG KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN ini termasuk yang akan diijabah dengan cepat oleh Allah swt.. Di antara penyebabnya adalah karena saat berdoa ia mencurahkan semua kekhusyuan dan daya ikhlas yang ada dalam dirinya. Fokus dan perhatian kepada Allah swt. saat itu terpusat. Ia tidak berharap dari yang lain. Begitulah seharusnya kita berdo'a setiap saat. 

Mari kita meneladani akhlaq para Rasul saat mereka berdo'a kepada Allah swt. Dalam dakwah para Rasul kita diajarkan bahwa hanya Allah saja yang bisa diandalkan dan diharapkankebaikannya. Demikian Nabi Ibrahim dan Nabi Musa alaihimass salam berdakwah, seperti yang Allah swt. kabarkan kepada kita dalam firmannya;

وَالَّذِي أَطْمَعُ أَنْ يَغْفِرَ لِي خَطِيئَتِي يَوْمَ الدِّينِ
Dan Dia yang aku harapkan mengampuni kesalahanku pada hari pembalasan

Ini adalah di antara isi dakwah Nabi Ibrahim as. Ia sangat mengharapkan kebaikan dari Allah swt. Kebaikan Allah swt. makanan, minuman, kesehatan, dan pengampunan. Bahkan ampunan ini adalah kebutuhan primer yang harus kita mintakepada Allah swt..

Selanjutnya mari kita meneladani akhlaq Nabi Musa as dalam firman Allah swt. berikut ini;

قَالَ كَلَّا إِنَّ مَعِيَ رَبِّي سَيَهْدِينِ
Nabi Musa berkata, Sekali-kali tidak, sesungguhnya Tuhanku bersamaku, kelak iaakan memberi petunjuk kepadaku.

Dalam ayat ini Allah swt. mengabarkan bahwa hanyaAllah swt. yang mampu memberikan petunjuk ke jalan yang benar. Ia yang mampu mengarahkan kita kepada kehidupan yang jujur. Ia yang sanggup membimbing kita kepada dunia yang penuh kedamaian.

Dari dua redaksi ayat ini, kesan yang dapat diambil adalah bahwa diantara kebutuhan yang mendesak adalah berkaitan juga dengan persoalan petunjuk, ampunan, iman, sabar, tawakal, istiqamah, jujur, amanah, dan yang lainnya yang bermuara pada akhlaq-akhlaq terpuji. Maka memohon semua kebaikan Allah swt. itu adalah wajib bagi kita.

DOA ORANG KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN
DOA ORANG KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN
========================================================================
Saat terdesak atau kepepet terkadang orang jadi pandai berdoa dengan doa yang sangat panjang. Namun sering juga karena sudah terdesak ia hanya berdo'a pendek saja melalui lisannya, dan dalam hatinya ia menyimpan doa-doa yang panjang dan tidak terputus.

Sekarang ini kami mencatat  DOA ORANG KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN dengan lafadz-lafadz yang pendek dan sudah banyak dikenal namun sedikit orang yang tekun mengamalkannya. 

Untuk DOA ORANG KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN yang lebih lengkap bisa dibaca dalam kitab-kitab besar baik kitab tafsir atau hadits yang dibahas para ulama. Kitab yang kami rekomendasikan untuk ini adalah kitab Al-Adzkaar karya Imam Annawawi.

Inilah doa yang bisa kita baca saat kita KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN;

Doa Nabi Muhammad saw.

يا حَيُّ يا قَيُّومُ، بِرَحْمَتِكَ أسْتَغِيثُ 
Yaa hayyu yaa qayyuum birahmatika astaghiitsu
Wahai Dzat yang Maha Hiup dan Maha Berdiri Sendiri
dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan

سُبْحانَ الله العَظِيمِ 
Subhaanallahil 'azhiimi
Maha suci Allah yang Maha Agung

اللَّهُمَّ آتِنا في الدُّنْيا حَسَنَةً، وفي الآخرة حسنة، وقنا عَذَابَ النَّارِ 
Allahumma aatinaa fiddun-yaa hasanah,
wafil-aakhirati hasanah, waqinaa 'adzaabannar.
Ya Allah berikanlah kebaikan dunia untuk kami, dan kebaikan akhirat, 
dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Doa Nabi Ibrahim as.

حَسْبِيَ اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ
Hsbiallaahu wani'mal wakil.
Cukup bagiku Allah, sebaik-baik yang bisa diandalkan.   
Doa Nabi Musa as.

رَبِّ إنِّيْ لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ
Rabbi inni lima anzalta ilayya min khairin faqir.
Wahai Tuhanku sesungguhnya terhadap kebaikan yang engkau turunkan kepadaku, sangat butuh.

Itulah beberapa DOA ORANG KEPEPET DAN TERDESAK KEBUTUHAN yang bisa diamalkan. Doa-doa yang singkat ini merupakan doa para Nabi yang mulia. Kita bisa membacanya dengan penuh keikhlasan dan diulang sebanak-banyaknya dengan disertai amlan-amalan yang lain seperti shalat-shalat sunah, puasa sunah, dan sedekah.

Semoga ini bermanfaat.
   

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.