Cara Cepat Bisa Bahasa Inggris

Cara Cepat Bisa Bahasa Inggris - Sudah sekian tahun belajar bahasa Inggris tidak bisa-bisa. Yang bisa cuma I love you, I need you, dan I hate you. Tidak tahu mengapa jadi jalan di tempat dan belum tampak ada kemajuan.

Keluhan di atas nampaknya bukan hanya dikeluhkan oleh satu atau dua orang, namun banyak orang. Bila diteliti maka ini memang fakta. Bila mau membuat survey kecil-kecilan skala mikro kita akan tahu bahwa ini bukan isapan jempol semata.

Bagaimana solusinya? Setiap orang punya pemikiran sendiri. Dan dalam catatan ini akan dirangum beberapa di antaranya.


***
Paling cepat yang saya rasakan adalah praktik langsung. Punya satu kata kita langsung merangkainya menjadi kalimat yang menurut kita baik dan dapat dipahami. Tidak peduli orang mau ngerti apa tidak yang penting ngomong dulu.

Dalam aktifitas ini kita bersikap seperti bayi yang polos. Terserah orang mau bilang apa yang penting ngomong aja dulu. Bayi kan kaya gitu, ngomong aja, meski pun orang-orang yang disekitarnya tidak paham. Namun kita ingat bahwa setelah itu orang-orang akan membantu kita. Bayi kan gitu ... Mula-mula bilang "mam mama mama ...".

Dalam fase ini mengucapkan apapun yang di dengar dan diulang-ulang. Seperti itu juga bayi. Kalau punya satu kata, misalnya "Iiiiii zizi ... " ia akan terus mengulang-ulang satu kata itu hingga ia menemukan kata baru.

Sema ang didengar dalam Bahasa Ingris ya ucapkan seperti itu juga. Jangan banyak tanya, misalnya kenapa "like" dibaca jadi "laik". Ucapkan saja langung sering-sering dan jangan banyak tanya dulu, kaya bayi.

***
Selanjutnya, menurut yang saya alami, paling cepet menguasai Bahasa itu bila ada yang secara intensif bergaul dengan kita dengan memakai Bahasa Inggris. Maka nya karena ibuna ngomong melulu Bahasa Inggris akhirnya bayi orang Inggris jadi pandai Bahasa Inggris. 

Maka tidak aneh bila kita mendapati anak baru satu tahn di Inggris pandai Bahasa Inggris. Dan begitu pula halnya bila yang intensif bergaul dengan bayi menggunakan Bahasa Arab maka bayinya akan pandai bicara Bahasa Arab meski pun ia tinggal di Prancis. Banyak kan keturunan Aljazair yang anakanya tetap pandai Bahasa Arab padahal ia lagi tinggal di Prancis.

Maka ingin pandai berbahasa Inggris ya cari dong orang yang berkomitmen bicara Bahasa Inggris dengan kita. Sebaiknya tentu orang Inggris asli, atau yang pernah tinggal lama di Inggris, dan yang paling bagus bila asli dari negara pengguna Bahasa Inggris dan dari kalangan akademis yang faham ilmunya. 

Bila sulit mendapatkan orang asli itu bisa juga berteman secara intensif dengan orang yang pernah tinggal lama di sana. Orang yang pernah kerja, mahasiswa, pejabat pemerintah, dan para bacpacker juga bisa.

Masih sulit, kita gunakan media sosial yang canggih saat ini. Katakan kepada kawan kita itu bahwa kita berminat belajar Bahasa Inggris. Kita langsung saja bisa bicara lewat video call secara langsung. Kita minta agar ia mengajari dan mau mengoreksi pengucapan kata bila ada yang salah.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.