Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Shubuh

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Shubuh - Banyak yang bisa dilakukan sebelum shubuh. Setelah mata terbuka langsung saja memuji Allah swt. dengan do'a dari Nabi yang sangat populer. 

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ اَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْ النُّشُوْرُ

 Alhamdulillahil ladzii ahyaanaa ba'da maa amaatana wa ilaihin nusyuur.
Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkanku setelah kematianku, dan hanya kepada-nya kami kembali.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Shubuh
Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Shubuh
Setelah itu langsung kita membaca Ayat-ayat terakhir dari Surat Ali-'Imran yang kita hapal dari semenjak dahulu. Kita memuji Allah swt dengan ayat-ayat itu.

Kita berwudhu dalam keadaan udara shubuh yang sejuk, dan terkadang hangat, dan kadang-kadang juga dingin menusuk tulang. Berwudhu dalam keadaan seperti itu adalah jalan menuju surga darussalam.

Setelah bersuci kita shalat. Dengan penuh kekhusyuan kita menghadapkan wajah kita kepada Allah swt. Shalat ketika manusia masih pada tidur juga merupakan jalan yang akan mengantar kita ke surga yang penuh kedamaian.

Selanjutnya kita berdo'a kepada Allah. Do'a yang pertama adalah mohon ampun kepada-Nya. Kita yang banyak menganiaya diri  dan orang lain memang wajib untuk beristighfar

Allah mengbarkan bahwa orang-orang yang diakui sebagai hambanya yang ia cintai adalah - salah satunya - orang yang beristighfar saat sahur.

الَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
  الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ
  
Dalam Ayat yang sangat istimewa ini disebutkan bahwa hamba yang diridhai Allah swt diantaranya yang memohon ampun kepada Allah swt dalam do'anya. Juga orang yang sabar, jujur, taat, dermawan.

Setelah itu silahkan sebebas-bebasny kita leluasa berdo'a untuk dunia dan akhirat kita. Jangan lupa amalan utama anda, Apa itu? Khusus mendo'akan kebaikan untuk orang lain. Sebut nama mereka satu per satu. Guru kita, bapak dan ibu, saudara, tetagga, kerabat, bahkan musuh sekalipun do'akan dengan do'a yang baik.

Bila mendengar salah seorang muslim mendo'akan orang lain dengan kebaikan maka malaikat yang diutus Allah swt mengatakan "bagimu juga apa yang kau minta untuk orang lain yang engkau do'akan."

Setelah itu bila kita mau puasa maka boleh makan sahur seperti saat tulisan ini dimuat pada shubuh Senin. Sebaiknya kaum muslimin memperhatikan amalan nabi ini. Berpuasa sunah pada Senin dan Kamis merupkana kejayaan dan kemuliaan. Semua yang dilakukan Nabi pasti ada keutamaannya. Karena beliau berda dalam bimbinan Allah swt..

Bila tidak santap sahur maka boleh membaca Al-Qur'an. Membaca ayat-ayat Al-Qur'an saat menjelang shubuh akan terasa lebih meresap dan khusyu. Upayakan kita membacanya istiqamah dan bersambung sampai khatam.

Selanjutnya perbanyak dzikir dan do'a. Berdo'a pada sepertiga malam terakhir sangat mustajab. Karena Allah sendiri yang mengabarkan ini kepada kita melalui Rasul-Nya yang mulia.

Semoga kita bisa memanfaatkan waktu sebelum shubuh ini dengan sebaik-baiknya. Sebagai tanda syukur kita bahwa kita masih bisa bangun tidur, bernafas, dan bisa bekerja kembali.  
  

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.