Hikmah Berkawan Orang Baik

Hikmah Berkawan Orang Baik

Judul di atas ada sebabnya lho. Ceritanya setelah makan malam saya mendapatkan telepon dari seorang kawan yang mengabarkan akan ada daurah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Daurah ini sangat istimewa karena diselenggarakan oleh para alumni Al-Azhar, Kairo, Mesir. Konon katanya event ini akan diisi oleh narasumber dari alumni Al-Azhar dan dari Masyayikh Al-Azhar. Begitu kawan saya menyampaikan kepada saya dengan bahasa Arab yang fasih. Katanya beliau terinspirasi oleh Gubernur NTB yang fasih itu. 

Saya sangat kaget tentu ada campurannya, "bahagia". Benar saya bahagia mendapatkan informasi ini hingga dalam hati saya langsung berniat untuk turut serta. Sebelum ini saya juga menulis tentang hobi travelling saya yang di antara sebabnya adalah kejadian seperti ini. Maka dengan tekad bulat saya berniat hadir untuk menimba ilmu, sowan pada guru, ketemu kawan lama, dan menambah wawasan dan kawan baru.

Hikmah Berkawan Orang Baik
Hikmah Berkawan Orang Baik


Sebenarnya ada yang lebih membuat saya bahagia dan merasa terhormat. Apa itu? Pengakuan seorang sahabat kepada sahabatnya. Saya berfikir "kok masih ingat ya beliau sama saya hingga sampai-sampai menghubungi saya?". 

Padahal saya tahu beliau itu kawannya banyak dan semua istimewa, bisa dibilang semua orang hebat dan sukses. Dan kami belum lama berkawan. Tapi pengakuannya terhadap saya dan penerimaannya sungguh membuat saya merasa bahagia.

Barang kali itulah buah manis di antara buah-buah lain bagi yang mau mengupayakan untuk berkawan dengan orang-orang baik. Benar sekali berkawan dengan orang baik akan mendatangkan kebaikan yang banyak.

Sudah sangat sering saya merasa berhutang budi dan jasa kepada kawan saya ini. Pokoknya saya tidak bisa membuat rinciannya. Saya hanya mendo'akan beliau tambah sukses dan semakin perhatian kepada orang-orang kampung yang bersemangat menghadirkan peradaban kota di lingkungannya.

Maka dengan ini telah terbukti manfaat berkawan dengan orang baik. Maka perbanyaklah kawan setia yang baik akhlaqnya. Seperti itu yang dikatakan dalam kata-kata mutiara;

عَلَيْكُمْ بِمُجَالَسَةِ الْعُلَمَاءِ وَالْحُكَمَاءِ

Kalian wajib bergaul dengan ulama dan cendikia

Dalam bergaul selalu saja ada dua kondisi yang akan terjadi. Pertama mempengaruhi dan dipengaruhi. Semua orang berbuat seperti yang diperbuat lingkungannya. Bila lingkungan baik maka ia baik. Namun jika buruk maka ia akan buruk.

Ada keuntungan berkawan dengan yang mengerti halal dan haram, baik dan buruk, boleh dan tidak boleh, salah dan benar. Begitu pula besar faedahnya bila berkawan dengan orang ang baik akhlaknya.

Karena Teman yang baik bukanlah yang selalu mendukung dan mengiyakan semua perbuatan kita.namun yang mendorong kita berbuat baik dan berupaya mencegah kita melakukan kejahatan.

Semoga Allah membimbing kita dalam mencari teman baik yang bisa bersama-sama melngkah mencapai keridoan Allah dengan cara beribadah dan beramal shalih. Amin

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.