So, you Have to Learn Something from The Past


Mengapa anda suka sejarah ??
Bukankah itu jadul .. ??
Membosankan membahas masa lalu !!
Buang-nuang waktu saja .. !!


Membahas masa lalu sebagai pelajaran dan mengambil tauladan untuk kita ambil rumus-rumus jitu dan trik-trik cangih darinya adalah keharusan. Zaman berubah dan musim memang berganti. Namun sudah maklum dalam filsafat sejarah bahwa sejarah itu selalu berulang. Hanya tokoh, latar, waktu, dan tempatnya saja yang berbeda. Adapun peperangan antara yang benar dan yang salah akan selalu sama antara masa kini, masa lalu, dan masa yang akan datang.

Mengkaji sejarah adalah menkaji diri manusia itu sendiri. Tanda-tanda kejayaan dan keruntuhan suatu bangsa telah ada dalam catatan sejarah. Rukun-rukun yang harus ada dalam membentuk peradaban yang kuat ada dalam catatan sejarah. Generasi mendatang yang ingin membangun peradaban yang kuat harus mengkaji sejarah kejayaan yang punya peradaban maju di masa lalu. Teknik dan media mungkin berbeda namun jiwa dan rukun-rukun pembentuknya akan tetap sama.

Dalam sejarah juga ada dicatat bangsa-bangsa yang mengalami keruntuhan. Termaktub pula catatan sebab atau factor kuat yang membawa suatu bangsa menjadi hancur.

Membaca Kembali Sejarah Diri

Dalam catatan hidup kita pasti kita pernah berhasil melakukan satu hal. Misalkan kita berhasil membuat satu karya. Bahkan bila kita mencoba meneliti kita akan menemukan banyak keberhasilan dalam hidup kita. Semua itu adalah anugerah yang harus kita syukuri.

Dan kita juga pernah gagal. Bahkan mungkin berkali-kali gagal. Sering kali kita kecewa karena belum bisa maksimal dalam mengupayakan dan meraih kesuksesan. Kita pernah bersedih dan terluka.

Yang harus kita kaji dan catat adalah syarat-syarat yang bisa mengantarkan kita berhasil di masa lalu, lalu kita ambil untuk dijadikan pedoman untuk masa yang akan datang.

Begitu juga kita harus mengkaji apa saja yang bisa membuat kita gagal. Dan sikap apa yang harus kita lakukan ketika kita gagal dan ingin sukses. Maka semua yang terjadi biarlah menjadi pelajaran dan pedoman bagi hidup kita di masa sekarang dan masa depan, So, you Have to Learn Something from The Past.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.