Magnum Opus

Tidak heran bila blogger zaman sekarang sanggup mengorbitkan puluhan artikel dalam sehari. Hal ini karena peralatan canggih dan sarana penyuntingan telah tersedia. Pena dan tinta sudah tersedia dengan sangat baik. Editing dan teknik-teknik penyuntinga sudah sangat modern.

Tidak asing terdengar bahwa sejumlah penulis melakukan kolaborasi membentuk satu tim pembuat tulisan. Dan pada masa sekarang sudah berkembang pula bisnis menjual jasa tulisan. Bahasa dan tata bahasa serta kaidah kepenulisannya sangat baik.

Tidak aneh juga bila seorang mamapu membuat tulisan pulauhan dalam sehari karena sudah ada alatnya pula yang bisa menulis yang kita ucapkan. Tinggal kita bicara alatnya langsung menuliskan apa yang kita ucapkan.

Namun kita akan terhenyak dengan karya-karya monumental para ulama-ulama Islam. Sebut saja Imam Ath-Thabari yang sudah menulis ratusan kitab dengan tangannya. Ia menulis setiap hari tidak kurang empat puluh halaman. Bila jumlah itu kita bagi dua dengan asumsi dua halam itu dapat dijadikan satu artikel blog maka jumlah sebanyak it sudah menjadi dua puluh artikel. Dan satu lagi kualitas isi tulisannya sarat dengan ilmu yang bermanfaat. Dibandingkan dengan kualitas tulisan blog pribadi yang memposting sejumlah itu pastinya tulisan imam Ath-Tabari unggul berkali-kali lipat.

Ada banyak Magnum Opus di Dunia Islam yang terkenal. Saya yang awam ini ingin menuliskan beberapa saja. Diantaranya; Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Annasa-I, Sunan Attirmidzi, Sunan Ibnu majah, Tafsir Ath-Thabari, Tafsir Ibnu Katsir, Fathul Baari, Syarh Muslim An-Nawawi, Muqaddimah Ibnu Khaldun, Arrisalah Imam Syafi’I, Al-Muwaththa Imam Malik, Sunan Ahmad, Al-Kharraj Abu Yusuf, Majmu’ Al-Fatawa Ibn Taymiyah, Shahi jami’ Shagiir Al-Albani, Shafwatuttafaasir Ali Ash-Shabuni, Fiqh Zakat Al-Qaradhawi, Fi Zhilal Al-Qur’an Sayyid Quthb, dan banyak lagi yang lainnya.

Ya Allah kami bukan orang shalih, kami cinta orang-orang shalih, semoga kecintaan kami kepada mereka dapat membawa kami menjadi termasuk ke dalam golongan mereka. Amin …


logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.