Keunikan-Keunikan di Swiss Van Java

Swiss Van Java adalah sebutan dari satu daerah di Jawa Barat yaitu Garut. Kenapa Garut disebut Swiss Van Java. Konon katanya Garut itu mirip dengan Swiss. Bila kita mencari informasi tentang Swiss maka yang akan kita dapatkan adalah Swiss sebagai negara yang sejuk, indah, dan aman. Sejuknya Swiss terbilang sangat sejuk bahkan sangat dingin. Maka Garut juga sama memiliki udara yang segar dan dingin. Hanya saja tentu Swiss lebih dingin.

Kemudian keindahan Garut juga sama dengan Swiss. Di Garut banyak sekali gunung-gunung yang yang memiliki kecantikan yang luar biasa. Gunung dan ngarai di bawahnya menghiasi setiap pandangan mata orang. Maka dari sisi ini Swiss dan Garut bernilai sama. Hanya saja ada sedikit perbedaan, bila di Swiss ada salju maka di Garut tidak ada. Dan bila di Garut ada banyak gunung tinggi dan gunung-gunung berapi maka di Swiss tidak ada.

Soal keamanan tentu Garut adalah kota yang aman. Garut juga termasuk wilayah yang dihuni oleh Suku Sunda yang cinta damai, murah senyum, dan ramah kepada tamu. Garut adalah kota yang aman. Namun tentu dimana pun kita berada harus tetap waspada. Begitu pun dengan Swiss yang menjadi tujuan untuk menenangkan pikiran dan hati. Bahkan konon katanya saking amannya Swiss banyak para jutawan yang menyimpan uangnya di Swiss. Begitu juga pertemuan Internasional banyak diselenggarakan dengan mengambil Swiss sebagai tempat.

Tempat Wisata

Banyak sekali tempat wisata yang ada di Garut. Sebut saja misalnya Pantai Ranca Buaya, Santolo, Cilaut Eureun, dan Sayang Heulang. Ini baru di Garut Selatan, belim lagi di bagian yang lain tentu lebih banyak lagi. Misalnya perkebunan teh di Cikajang, dan Taman Wisata Alam di Samarang.

Dodol Garut

Yang terkenal di Garut juga adalah olahan makanan yang bernama Dodol Garut. Panganan ini merupakann olahan yang terkenal di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. rasanya yang manis dengan beragam varian rasa yang enak membuat olahan ini sangat digemari.

Domba Garut

Domba yang bertubuh besar dengan tanduk dan kokoh banyak terdapat di Garut. Posturnya yang kekar sering terlihat pada peternakan-peternakan yang banyak dikembangkan oleh masyarakat sekitar. Keunikan ini membuat harga dari Domba garut menjadi sangat mahal.

Pangkas Rambut Garut

Yang ini tentu yang sangat favorit. Konon katanya sejak zaman DI/TII ini berlangsung. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para tentara DI ini harus mencari penghidupan, dan salah satunya menjadi tukang pangkas rambut keliling. Keunikan dari pangkas rambut Garut adalah sesaat setelah rambut kita dipotong, kita langsung akan dipijitin. Tentu ini sangat nyaman. Bahkan penulis sering sengaja memotong rambut saat kepala pening. Ngantuk saat dicukur rambut akan terasa lebih nikmat bila ditambah pijatan yang merata di area kepala, leher dan punggung. Sekali-kali boleh coba.

Batu Akik Garut

Satu lagi keunikan dari Garut adalah Batu akiknya yang sudah Go International. Varian batu akik di kota Garut adalah varian batu akik Pancawarna. Ia begitu nistimewa. Dengan warna yang beragam dan corak yang menarik membuat batu akik dari garut tidak kehilangan pamor. Ada jenis-jenis batu akik terkenal dari Garut. Sebut saja misalnya; Darson, Herwan, dan edong.

Pesantren Garut

Nah ini sangat istimewa. Bila berkunjung ke Garut maka akan bertemu dengan psantren-pesantren yang jumlahnya sangat banyak. Dari satu gang saja mungkin bisa kita temukan 2 sampai 5 pesantren yang berdiri. Jumlah santri yang datang ke Garut mencapai jutaan orang.

Demikian ringkasan dari keunikan-keunikan yang terdapat di Garut.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.