Inilah Manusia Paling Inspiratif

Siapa yang tidak kenal Muhammad SAW. Dari ujung timur sampai ujung barat, dari utara sampai ke barat, nama Muhammad begitu sangat populer. Tiada lain karena ia begitu istimewa. Bagi para para pengagumnya ia disebut kekasih dan anugerah terbesar bagi seluruh alam.

Ia begitu penyayang kepada umatnya. Akhlaknya begitu terpuji hingga musuhnya pun bila berbicara tentang yang satu ini pasti mengakuinya. Ia dekat dengan orang yang miskin namun ia juga tidak menghardik orang yang kaya. Bahkan ia memberikan arahan bagi semua. Yang miskin ia hibur dan mengajarkan bahwa Allah maha kaya maka mintalah kepadaNya. Dan kepada yang kaya ia mengajarkan bahwa Allah sangat memuliakan orang-orang yang mendermakan harta di jalan Allah.

Kenapa Muhammad

Untuk menjalani kehidupan di dunia manusia membutuhkan tokoh ideal untuk dijadikan model. Ia meniru dan meneladani idolanya itu. Yang berkaitan dengannya akan terus dicari dari buku, orang terdekatnya, orang yang pernah hidup dengannya, orang yang pernah bertemu dengannya, orang yang pernah disuruhnya, dan seterusnya.

Tingkah para pengagum memang beragam. Ia akan membela mati-matian sang idola. Namun Muhammad bukan idola yang dikultuskan bagaikan berhala. Tepatnya ia adalah teladan umat yang abadi sepanjang masa.

Bila pertanyannya kenapa Muhammad maka jawabannya adalah karena ia telah melewati beragam fase dan kondisi hidup yang beragam dan ia lulus dalam semuanya.

Ia pernah menjadi anak-anak yang bertutur kata jelas dan sopan. Pergaulan masa kecilnya sangat jauh dari keburukan. Pernah ia diajak menonton pertunjukan, namun yang terjadi ia tertidur hingga usai acara tanpa tahu isi acaranya. Ia dijaga Allah SWT.

Ia pernah melalui masa remaja. Akhlaqnya di masa remaja sangat memikat hati dan jauh dari yang namanya kenakalan remaja. Siapapun yang mengenalnya akan terpikat dengan pesona kebaikan akhlaq dan budi pekertinya.

Ia pernah menjadi seorang pemuda dengan akhlaq yang tinggi. Ia jauh dari kesan urakan bahkan budi pekertinya sangat lembut dan ia sangat gagah. Saat inilah menunjukkan sifatnya yang sangat jujur.

Ia pernah menjadi penggembala yang jujur. Ia pernah jadi pedagang dan kaya raya, ia juga pernah dapurnya tidak mengepulkan asap berbulan-bulan. Namun ia sukses melewatinya.

Ia pernah menjadi bujangan pernah juga menikah. Ia pernah menikahi janda dan ia pernah pula menikah dengan dara. Dan semuanya sukses.

Ia pernah jadi mediator pernah juga jadi panglima perang dan semua berhasil.

Ia jago gulat hingga mengalahkan Rukanah jago gulat Arab saat itu.

Ia pandah memanah dan menunggang kuda dan ia sangat hebat dalam hal ini.

Ia menjadi Nabi dan Rasul dengan ummat yang banyak. Sejak 15 abad yang lalu hingga kini banyak manusia yang mengikuti ajarannya,

Ia sukses menyebarkan agama Islam dalam waktu yang sangat cepat.

Ia pernah marah dan ia paling sering tersenyum, dan semua karena Allah.

Ia pernah menjadi anak, punya anak, menantu, dan cucu, semua dijalaninya dengan sukses.

Ia punya sahabat yang mengimani agama Islam dan sahabat-sahabatnya tidak dipanggilnya murid dan anak buah. Begitu hebat sebutan yang disematkan untuk orang-orang dekatnya, bahkan anak kecil yang belum baligh pun termasuk sahabatnya.

Ia adalah sangat serius dengan ibadah dan ketat mengontrol diri dan sahabat-sahabatnya, namun ia juga yang senang bercanda dengan candaan yang penuh hikmah dan ia suka membesarkan hati sahabat dan selalu menyiratkan harapan.

Ia sukses sebagai orang yang tidak bisa baca tulis. Dan ia sukses mengirim surat kepada para pembesar negeri-negeri kala itu.

Masih banyak, dan saya tidak mampu menuliskannya. Silahkan lengkapi ...

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.