Inilah Bisnis Tanpa Rugi

Orang berbisnis tentu ingin untung. Keberadaan laba yang tinggi menjadi harapan yang memacu seseorang untuk menekuni bisnisnya. Harapan adalah kekuatan yang harus ada dalam setiap usaha manusia memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan harapan merupakan satu tema yang luas dalam term kajian agama.

Lalu apakah ada bisnis yang tidak pernah mengalami kerugian. Secara nyata dunia bisnis tidak pernah statis pada satu kondisi. Terkadang mendapatkan untung yang begitu besar dan di kesempatan yang lain bisnis kita mengalami kerugian hingga sampai tidak kembali modal bahkan bangkrut.

Dalam dunia bisnis serangkaian sikap mental seorang pelaku bisnis yang sukses. Di antaranya adalah jujur, amanah, tegar, pantang menyerah, haus ilmu, membuka jaringan, tekun, telaten dan banyak lagi yang lainnya.

Nilai Wajib Dimiliki

Sebagai manusia kita tidak bisa hidup seorang diri. Untuk memenuhi kebutuhan hidup dan demi kemaslahatan bersama seharusnya kita bekerjasama. Tentu ada norma yang harus ditaati agar penerimaan antara sesama kita menjadi murni dan baik.

Pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat hanya akan membuat hidup kita menjadi sulit. Jangan sampai hanya karena gara-gara ingin cepat meraup untung kita menggunakan cara-cara yang tidak beradab. Awalnya seperti untung, namun bila perbuatan buruk ini dilanjutkan hanya akan membuat kita tersendat dan terhalangi dari kesuksesan.

Nilai dalam masyarakat yang paling utama adalah nilai-nilai agama. Maka bagi para pelaku bisnis pun wajib melaksanakan aturan-aturan ini. Dengan keistimewaannya yang murni, dalam artian berbuat baik karena merasa diawasi oleh Dzat yang Maha Melihat dan Maha Mendengar, bukan hanya taat pada aturan sesama manusia yang seringkali absurd dan tidak lengkap bahkan sering terkesan tidak adil.

Tuhan Menyebut Ibadah Sebagai Bisnis

Berbisnis artinya berniaga. Jual-Beli adalah urat nadi dalam dunia bisnis. Ada pihak yang menjual dan ada pihak yang membeli dengan keuntungan tertentu yang telah diperhitungkan.

Sebagaimana dinyatakan oleh para ahli bahwa bisnis itu sangat dinamis, untung ruginya fluktuatif. namun ada satu bisnis lagi yang untungnya terus-terusan dan tidak akan pernah mengalami kerugian. Laba yang dihasilkan adalah laba yang paling besar dan spesial.

Bisnis apakah ini? Inilah bisnis dengan Allah SWT. Ia yang memberikan modal kepada kita dan ia pula yang akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Ia akan memberikan surga kepada orang yang mau menjual dirinya yang milik-Nya juga hanya kepadanya.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.