Inilah Anak yang Terpelajar

Sobat semua mungkin pernah punya prestasi sebagai pelajar terbaik atau siswa paling pintar di pesantren, madrasah, atau sekolah. Sobat juga pasti punya teman yang memiliki segudang prestasi baik akademik atau non akademik.

Sobat dan tentu saya punya tokoh pavorit dan sangat dikagumi hingga ingin seperti dia. Model yang kita idolakan itu sedikit banyak mempengaruhi apa yang kita dapatkan sekarang dan apa yang akan kita lakukan.


Sahabat semua yang baik hati,
Kali ini saya ingin sekali sharing dengan sobat semua. Yaitu mengenai seorang anak manusia yang diberi keistimewaan oleh Allah. Ia diberi sebutan "anak yang terpelajar" oleh manusia paling mulia yaitu Muhammad Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.

Bagaimanakah perasaan anda bila mendapatkan kehormatan seperti itu? Diberikan kehormatan atau mendapat penghargaan dari guru, orang tua, wali kota, gubernur atau presiden saja kita telah senang, tentu apalagi bila sebutan yang mulia itu diucapkan oleh manusia paling mulia dunia akhirat.

Siapakah anak manusia yang mendapatkan karunia ini?

Dialah Ibnu Mas'ud namanya.
Sejarah telah mencatat kebesaran namanya, keluasan ilmunya, kecerdasan akalnya, kekuatan tekadnya, dan kegigihan perjuangannya.

Ibnu Mas'ud adalah orang yang mengikuti Sunnah Rasulullah dengan ketat. Ia selalu berperilaku dan berbuat seperti yang rasulullah lakukan. Cara berjalan, bicara, singgah di suatu tempat dan sebagainya ia lakukan seperti yang Rasulullah lakukan.

Kapan sebutan itu disematkan?

Sebutan "anak yang terpelajar" terjadi saat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam hijrah ke Yatsrib. Saat di perjalanan ia bertemu dengan Ibnu Mas'ud yang sedang menggembala domba. Lalu Rasulullah meminta susu kambing kepada Ibny Ma'ud yang kala itu masih kecil. Dan ia tidak tahu siapa lelaki tampan nan agung yang kini ada di hadapannya.

Ibnu Mas'ud sangat ingin memberi Rasulullah susu, namun saat itu domba-dombanya tidak mengeluarkan susu. Maka rasulullah berkata, "meski pun tidak mengeluarkan susu". Saat itu Rasulullah meyakinkan dengan iman keimanan akan kuasa Allah SWT.

Lalu rasulullah membaca Basmalah dan mengusap puting susu kambing dengan diiringi permohonan berkah dan bacaan ayat-ayat Al Qur'an. Tidak lama keluarlah air susu yang berlimpah.

Melihat kejadian itu Ibnu Mas'ud berkata, "Ajari aku sesuatu tentang ini." Maka Rasulullah berkata, "Sungguh Engkau anak yang terpelajar".

Selengkapnya tentang hikmah dari kehidupan Ibnu Mas'ud dapat dibaca di sini,

Bila sobat semua punya cerita yang berhikmah atau tentang tokoh inspiratif maka silahkan share disini atau silahkan mengisi kolom komentar.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.