You Can’t Teach an Old Dog New Trick

Apaitu BODOH .. ??
Sudah dapat ditebak, jawabannya pasti beragam meski pertanyaannya cuma satu. Jawabannya pasti panjang walaupun pertanyaannya pendek. Jawabannya pasti rumit meskipun pertanyaannya sederhana.

Kata bodoh ini bias mengandung beberapa pengertian. Orang disebut bodoh bisa karena dia telat dalam berfikir, susah memahami penjelasan, sulit mencerna penerangan yang sangat sederhana sekalipun. Kalau mengahadapi orang seperti ini kita harus maklum dan lebih mengedepankan kasih saying dalam bimbingan sangat disarankan.

Ada lagi, ini bodoh versi kedua. Bodoh tipe ini bukan berciri-ciri seperti yang pertama tapi pura-pura tidaktahu, menukar yang benar dan yang salah, atau menolak kebenaran karena nafsu dan ambisi pribadi. Menghadapi orang seperti ini harus dengan wawasan yang luas dan ilmu yang tinggi. Karena pada dasarnya mereka tidak telat dalam berpikir, mereka juga bukan tidak paham akan penjelasan, namun mereka menolak penjelasan dan kebenaran di dalamnya adalah karena dorongan hawa nafsu dan rabunnya akal karena subuhat.

Tipe kedua ini adalah yang cocok dikatakan You Can’t Teach an Old Dog New Trick kepada mereka. Anjing adalah binatang yang dekat dengan manusia. Binatang ini disinyalir sebagai binatang yang setia dan memilki kecerdasan di atas rata-rata kecerdasan binatang yang lain. Namun anjing yang sudah tua kurang mampu belajar trik-trik baru yang diajarkan oleh tuannya. Maka orang yang pura-pura tidak paham akan kebenaran walaupun diperdengarkan penjelasan berulang kali ibarat binatang tua yang sulituntuk diajari trik-trikbaru.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.