Pentingnya Pengisian Emis Bagi Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam

Selamat Pagi Semuanya, semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Teriring do'a tulus tulisan ini kami rangkai dalam rangka berbagi semangat. Harapan kami energi kita memancar dan menular dan terus tumbuh. Tidak diragukan lagi, Pendidikan dasar-dasar agama bagi putera-puteri kita adalah kunci nomor satu bagi kebaikan kita dan mereka.

Selaku praktisi pendidikan kita tentu sangat paham, bahwa seorang pendidik bukan hanya harus bertanggung jawab, namun kita jga harus bisa mempertanggungjawabkan semua aktifitas kita yang menyangkut penyelenggaraan pendidikan. Salah satunya dengan melengkapi data-data dan administrasi. Agama mengajarkan agar selalu mencatat apapun yang harus kita pertanggungjawabkan nanti. Bahkan agama pun mendorong umatnya agar tidak berada dalam posisi tertuduh.


Kita seyogyanya lebih giat dalam menertibkan administrasi madrasah kita. Semua harus tercatat dan tidak boleh ada yang terlewat. Bila kita merasa kesulitan maka segera hubungi petugas atau para suvervisor di kecamatan anda dan segeralah belajar tata cara penertiban administrasi.



Masalah Data

Soal tulis-menulis dokumen atau data statistik sebenarnya termasuk ajaran yang sangat tua. Dari mulai sederhana sampai terus disempurnakan. Dan pada saat ini sistemnya sangat memudahkan, modern dan canggih. Efisiensi dan kecepatan dalam pengolahan data seharusnya sangat memudahkan kita selaku pengelola. Saya menjamin itu sagat tidak sulit. Mungkin lebih agak sulit sedikit belajar Qawa'id 'Arabiyah. Saya percaya sekali lirik bagi anda Oke sajalah.

Data yang kita masukan harus setepat mungkin dan seakurat mungkn. Jangan sampai ada data yang tumpang tindih dan tidak konsoisten. Ini sangat berpengaruh bagi validasi data. Segeralah diperiksa kembali dokumen-dokumen penting madrasaha kita dan catatlah sesegera mungkin. Ingat tugas kita bukan hanya mengisi emis, masih banyak lagi tugas lain di luar sana. Sudah jamak terjadi bahwa diantara kita ada yang mengurus madrasah sekaligus mengurus kelurahan.

Manfaat Pengisian Emis

Bila ada berita akan ada kucuran dana bantuan dari pemerintah biasanya suasana menjadi agak berbeda. Mendadak semangat begitu. Nah ini memang biasa saja. Berharap itu sangat boleh. Namun sebaiknya ada bantuan atau tidak sebaiknya kita tetap saja mengisi emis dengan semangat Perang Badar yang nyata itu.

Keuntungannya adalah kita akan dapat pahala dari Allah. Benar, meskipun bukan dalam masalah utang piutang namun ini termasuk mu'amalah yang harus accountable. Selain kita harus bisa amanah dan mempertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT, kita juga harus pula mempertanggungjawabkannya di hadapan manusia.

Kemudian dengan emis ini kita juga bisa membuat evaluasi dan planning untuk kemajuan lembaga yang kita jalankan. Semua data ini sangat berguna bagi kelanjutan Pendidikan Islam yang akan datang.

Selanjutnya bukan hanya kita selaku praktisi pendidikan yang untung, pemerintah dalam hal ini selaku yang berwenang mengayomi dan memayungi lembaga-lembaga ini juga akan sangat terbantu. Pemerintah bisa dengan tepat memetakan, membuat rencana, dan memiliki gambaran umum tentang kondisi paling baru dunia pendidikan Agama Islam. Ini sangat berguna terutama dalam hal penyaluran dana pendidikan, sehingga tepat sasaran dan tepat guna.

Demikian sementara ini. Semoga Pendidikan Islam tambah maju ...

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.