Pengertian Zakat Mal dan Bagian-Bagiannya

Zakat Mal adalah zakat yang ditunaikan atas harta yang telah mencapai nishab dengan kadar tertentu. Dengan adanya zakat mal maka harta yang kita miliki ini akan menjadi suci dan berkah.

Nishab adalah ukuran tertentu harta sehingga mencapai batas kewajiban zakat. Bila telah nishab maka harta harus segera dikeluarkan zakatnya. Bila tidak maka harta itu akan diambil kembali oleh Allah. Itu tampak dari nilai keberkahan yang berkurang. din bila itu tidak dibayarkan maka keberkahannya akan hilang.

Bentuk-Bentuk Keberkahan

harta yang diberkahi adalah harta yang membawa orang untuk semangat dan giat beribadah. bahkan harta jenis ini akan menyehatkan jiwa pemiliknya. Ia akan menghadirkan ketenagan dan ketenteraman.

Keberkahan harta di mulai dari pola pikir yang benar tentang harta. bahwa harta ini anugerah yang wajib disyukuri. harta juga titipan yang harus dipertanggung jawabkan. Harta juga merupakan ujian yang harus benar dalam membelanjakannya.

Harta yang berkah adalah harta yang ditunaikan zakatnya, dicari dengan benar, disedekahkan, dibelanjakan, dan tidak membuat orang menjadi kikir, malas ibadah, dan lalai serta melupakan ALLAH.

Harta yang berkah akan membuat nyaman hidup. Ia akan mendatangkan kebaikan. Tidak membuat sempit hati dan membutakan mata hati.

Bagian-bagian zakat Mal

Bagian-bagian zakat mal diantaranya Zakat emas dan perak, zakat perniagaan, zakat pertanian dan peternakan, zakat profesi, zakat barang tambang, zakat barang temuan. bagi yang begerak di bidang-bidang yang berhubungan dengan zakat-zakat tersebut maka haruslah memperhatikan hal tersebut.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.