Kisi-Kisi Soal dan Tips Lulus UKA MI/MTs/MA

Alhamdulillah, ucapan kawan-kawan kami yang namanya tercantum dalam daftar undangan mengikuti Uji Kompetensi Awal tahun ini. Diantara mereka langsung saja bersujud syukur. Betapa tidak, ini merupakan kabar gembira bagi baiknya nasib dan masa depan mereka. Ya, benar sekali bahwa ini merupakan salah satu yang dinanti dan diharapkan.

Pada tahun ini ada UKA. Apakah itu? Ini adalah kependekan dari Uji Kompetensi awal. Apa hal ihwalnya? Ini semcam yes kepantasan atau semacam Uji kemampuan guru dalam hal teori pendidikan, pengajaran, pembelajaran, pendekatan, teori, metode dan teknik. Semuanya berkaitan dengan pendidikan. Menurut cerita dari kawan-kawan yang telah melangsungkan UKA, soal yang diujikan semuanya tidak jauh melenceng dari dunia pendidikan.


Kisi-Kisi Soal UKA

Menurut cerita dari kawan-kawan Kisi-kisi Soal dalam UKA adalah 100 soal. 70 soal adalah soal untuk mata pelajaran yang diampu oleh kita. 30 soal adalah pengetahuan tentang perundangan, kurikulum, pendekatan, metode, teknik mengajar, PTK, dan psikologi perkembangan.

Jadi buat kawan-kawan yang akan ikut UKA jangan khawatir. Kuasai saja materi pelajaran yang dipegang. Selanjutnya kita harus memahami teori-teori tentang pendidikan, kependidikan, teori-teori belajar, pembelajaran, pengajaran, metode, teknik, dan pendekatan pembelajaran dan pembelajaran.

Tips Lulus UKA

Berdo'a, nah ini yang penting. Akan banyak keajaiban dan kemudahan dalam apapun yang akan kita lakukan.
Mempelajari kembali mata pelajaran yang diampu, hati-hati dengan soal-soal jebakan.
Mempelajari kembali perundang-undangan dalam dunia pendidikan.
Memahami psikologi perkembangan.
Mempelajari perkembangan dan perubahan kurikulum.
Memahami metode dan teori pembelajaran dan pendidikan.

Nah itu saja yang harus diperhatikan. Berdo'alah terus. Semoga berhasil.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.