Keunggulan Bisnis Penyewaan Gedung Futsal Indoor

Salah satu hal bisa kita jajal dalam berbisnis adalah bermain di bisnis penyewaan gedung untuk pertandingan futsal indoor. Sekarang ini olah raga futsal merupakan salah satu olah raga favorit yang peminatnya luar biasa. Dalam sehari semalam ada gedung yang non stop menggelar pertandingan atau permainan futsal.

Dengan adanya kondisi persepakbolaan Indonesia yang tidk menentu, futsal menjadi pilihan yang tepat untuk berolah raga sekaligus menghibur diri. Maka tidak mengherankan bila dari waktu ke waktu olah raga ini semakin banyak peminat dan yakin penggemarnya tidak akan pernah surut. Karena kita harus ingat bahwa bola adalah benda yang paling banyak penggemar. Dari bayi hingga orang tua sangat gemar dengan benda yang satu ini. Maka dengan ini para pelaku bisnis harus sadar akan hal ini hingga bisa dijadikan peluang usaha.
Sebelum bercerita tentang bisnis ini lebih lanjut, ada beberapa kata yang ingin disampaikan terlebih dahulu tentang kenapa futsal banyak peminat. Diantara jawaban yang bisa diajukan adalah pertama karena umumnya manusia suka bola. Kedua futsal itu tidak memerlukan tempat yang luas dan tidak terlalu besar. Dengan jumlah pemain 10 orang sudah bisa digelar permainan atau pertandingan yang seru.

Modal

Untuk membangun gedung futsal tentu modalnya tidak sedikit. Namun modal itu bisa kita pinjam dahulu ke Bank atau investor yang akan membiayayi proyrk bisnis kita. Tentunya dengan profosal proyek dan presentasi yang baik serta kemampuan meyakinkan para stakeholders persoalan dana bukan menjadi masalah besar.

Satu banganan gedung futsal dengan satu lapangan di dalamanya bisa menghabiskan dana sebesar Rp 100 juta sampai Rp 200 juta rupiah. Besar memang. Dan fasilitasnya harus sesuai dengan standard gedung yang baik untuk penyelenggaraan pertandingan.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan atau yang harus ada diantaranya; Pos Keamana, Resepsionist, Ruang ganti, WC yang nyaman, Smoking Room, Toko obat, Pemadam api, Toko makanan dan minuman, Toko peralatan Futsal; baju, celana, sepatu, dan peralatan olah raga lainnya.

Upayakan lampu yang digunakan harus terang, lantai tidak licin dengan beragam pilihan, bola harus berkualitas, dan fentilasi udara seharusnya cukup sehingga di dalam gedung tidak pengap dan tidak sesak sehingga udar menjadi tetap segar.

Rincian Pendapatan

Sebagai pengelola, pertama kali yang harus dilakukan adalah memasang tarif bersahabat sesuai standar harga yang ditentukan. Pertama-tama tentu kita harus mempelajari harga atau tarif di tempat lain. Buatlah deferensiasi dan added value. Misalnya kita menyediakan bonus bila satu grup menyewa gedung lebih dari satu hari atau lebi dari 5 jam. Kemudian misalnya kita membuat point tersendiri dan diakumulasikan. Misalnya bila satu grup menyewa gedung sudah 10 kali maka kita akan berikan mereka gratis satu jam pemakaian.

Di dunia penyewaan gedung futsal saat ini, beragam tarif yang ditawarkan. Namun rata-rata satu jam gdung Futsal disewa dengan Rp 100.000,-. Bila pengelola memutuskan untuk beroperasi non stop maka pendapatan yang diraih sehari semalam adalah antara Rp 2.000.000, sampai 2 juta 4 ratus rupiah.

DEngan pendapatan di atas per harinya maka untuk kembali modal maka hanya dibutuhkan waktu selama 200 hari saja. Agar tempat kita semakin diminati maka kita harus pandai-pandai menetapkan harga. Kalau bisa ada selisih dari tempat lain, dan kita lebih murah.

Kemudian bila tempat kita hanya mampu menggelar lima jam dalam sehari semalam, maka kita dapatkan Rp 500.000,- per hari. Dengan pendapata sebesar ini maka untuk kembali modal (misalkan modal kita 200 juta) adalah 400 hari. Bila kita pinjam modalnya ke bank ternyata hanya satu tahun lebih sedikit modal kita sudah dapat dikembalikan. Dan gedung resmi menjadi milik kita.

Bisnis yang sanga menggiurkan. Dan bila saja anda cukup lincah, maka gedung kita bisa kita swakan juga untuk acara-acara lain, seperti weding, konser, pertunjukan, pagelaran seni, seminar, pelatihan dan lain sebagainya.

Silahkan dicoba ...

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.