Keindahan Tulisan Huruf Arab dengan Seni Kaligrafi

Seorang Master Kaligrafi pernah berujar bahwa orang yang tulisan Arabnya bagus terlihat lebih intelek. Hal ini merupakan fakta di lapangan. Sebagai siswa sekolah di Indonesia yang sering berhadapan dengan tulisan-tulisan Arab kami merasakan. Memang fakta bhwa bila ada pengajar yang tulisan Arabnya bagus dan indah kami sering menganggapnya sangat intelek, cerdas, dan banyak ilmu.

Sekarang ini sebagai anak-anak muslim seharusnya tulisan Arabnya bagus dan indah. Minimal untuk menulis naskah Arab harus punya minimal beberapa variasi. namun yang terjadi ternyata masih jauh dari harapan.


Dimulai dari Membaca

Semua itu harus ada pondasi dulu. Salah satunya suka dulu. Maka sebagai orang tua dan pendidik dapat saja mulai dikenalkan bentuk-bentuk tulisan arab yang indah dan cara bacananya.

Sesekali dalam buku-buku membaca dan buku-buku cerita disisipkan kalimat-kalimat berbahasa Arab dan dengan variasi huruf-huruf khat yang indah. Dan dalam kegiatan mewarnai kita bisa memberikan kaligrafi-kaligrafi untuk diwarnai.

Ada Pengalaman

Beberapa tahun terakhir mengamati dunia tulis menulis kaligrafi, ternyata pesertanya tidak banak hingga terbilang ekslusif. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa. Dengan ini sanga penting untuk kembali membumikan tulisan-tulisan indah Al-qur'an Al-Kari agar syi'ar agama ini menampakkan keindahan peradaban islam melalui tulisan.

Bila Belajar Tentu akan Bisa

Selama ini kita percaya bahwa manusia dilahirkan tidak langsung punya banyak keterampilan. dan dengan belajar kita selanjutnya jadi banyak tahu dan terampil melakukan dan membuat sesuatu.

Dengan ini maka untuk bisa menulis huruf-huruf Arab yang indah dan benar sesuai kaidah maka kita perlu belajar dengan keras. Ada arahan dari para master bahwa semua bisa dipelajari tinggal kita bertemu guru dan langsung praktik.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.