Amalan-Amalan Terbaik di Malam Hari

Tidur adalah salah satu sifat manusia. Meskipun dalam bahasa arab kata ini merupakan fi'il lazim namun tetap saja ia tergolong kata kerja yang termasuk golongan sifat-sifatan. Dengan ini secara bahasa dapat dikaitkan bahwa tidur tidak akan bisa lepas dari aktifitas hidup manusia.Sekuat apapun orang tidak akan sanggup bila tidak tidur berhari-hari.

Tidur merupakan bukti bahwa manusia ini makhluk yang lemah. Energi dan kekuatannya terbatas. Kemampuan dan kebolehannya terbata juga. Kesempurnaan manusia bukan terletak pada kesempurnaan mutlaq, namun pada penghambaannya yang merdeka kepada Allah SWT.

Dari bukti-bukti medis kita mendapatkan informasi bahwa tubuh manusia membutuhkan istirahat yang cukup. Dan diantara bentuk istirahat adalah tidur. Tidur merupakan yang terbaik diantara yang lain. Bila manusia kurang tidur maka manusia akan kehilangan keseimbangan tubuh.

Benar kata Bang Haji Rhoma Irama bahwa kalau terlalu banyak bergadang artinya kurang tidur maka muka kita akan pucat karena peredaran darah menjadi tidak normal atau bahkan kurang darah Mungkin dari sisi kedokteran dapat dijelaskan bahwa prodiksi sel darah dan regenerasinya menjadi tidak maksimal. Ini memang sangat terasa, bila kita kurang tidur maka kita akaln merasa sering puyeng dan pening dan saat kita berdiri dan berjalan tubuh kita tidak seimbang, dan otak kita menjadi kurang fokus.

Selanjutnya yang paling tidak boleh selain kita telat tidur atau bahkan kurang tidur adalah saat malam tubuh kita sebaiknya jangan terkena angin malam karena bila itu sering terjadi akan mengundang segela penyakit mudah datang dan menyerang tubuh. Imunitas yang rapuh akan mudah diterobos oleh bala tentara penyakit itu.

Penyebab Kurang Tidur

Banyak hal yang bisa kita bicarakan tentang hal ini. Setiap yang mengalaminya punya alasan masing-masing. Baiklah kita analisis dahulu bagian-bagiannya. Kebananyakan anak mudah baik di kampung ataupun di kota melakukan aktifitas di malam hari. Jiwa muda yang menuntut mereka untuk banyak tahu hal baru dan sebanyak mungkin punya kenalan yang banyak menjadikan aktifitas sosialisasi mereka dengan teman sebayanya memakan banyak waktu. Pertemanan memang aset yang besar bagi kelangsungan hidup manusia. Pengetahuan dan pendidikan adalah penting dan pergaulan serta koneksi adalah jauh lebih penting. Yang diharapkan anak muda bergaul dalam kebaikan. Karena dari dahulu sampai nanti yang akan datang nilai-nilai kejujuran, kebenaran, dan kebaikan adalah harus menjadi mutiara dalam pergaulan. Banyaknya kawan akan lebih bermakna bila pertemanan itu berada dalam bingkai saling tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan.

Dari penjelasan di atas, anak muda bisa kurang tidur dengan beberapa alasan;
  • Mungkin dia harus belajar hingga larut malam. Ini nyata. Dari dahulu sampai sekarang akan selalu begitu. Seorang yang menuntut ilmu seperti Imam Syafi'i atau Imam Al-Bukhari dan nama-nama lainnya merelakan tubuhnya unuk tidak tidur lama-lama. Sampai larut malam mereka berjalan menyusuri negeri-negeri yang jauh untuk menemui guru dan mendengar riwayat-riwayat Al-Hadits. Zaman sekarang pun begitu, bahkan sampai malam hari masih di laboratorium, perpustakaan, dan bergulat dengan buku, teori dan rumus. Semua itu pahit namun harus ditelan juga. Mereka menganggapnya sebagai obat yang akan menyehatkannya, terutama akal dan jiwanya. Imam Syafi'i berkata " barang siapa yang tidak pernah merasakan pahitnya mencari ilmu maka ia akan terjerumus dalam kebodohan sepanjang hayat." Kita sekarang mendapatkan manfaat penemuan mereka dari balik bilik-bilik laboratorium di kesunyian malam. Ilmu tidak akan memberikan sedikitpun kepada kita sampai kita memberikan segalanya untuk ilmu. Semoga kita diberi ilmu yang manfaat dan mampu memberi manfaat kepada sebanyak-banyaknya kemaslahatan umat.
  • Mungkin dia bekerja. Menafkahi diri dengan bekerja agar tidak jatuh kepada kehinaan seperti mencuri, merampok, korupsi, menipu dan membunuh merupakan kewajiban. Memberikan belanja bagi orang-orang yang ada dalam tanggungan kita adalah keistimewaan dan keagugan. Mungkin pekerjaan ini akan menyita waktu tidur kita. Bisa saja mengganggu keseimbangan tubuh kita yang seharusnya tidur di malam hari bukan malah bekerja. Mungkin saja semalam suntuk masih juga kita bekerja. Atau kita bekerja di mulai di malam hari hingga siang menjelang. Semua itu melelahkan maka jangan sampai hanya dapat lelah saja. Niatkan semua untuk ibadah kepada Allah. Semoga Allah memberi kekayaan, kecukupan rezeeki, kemudahan, sehat wal'afiat.
  • Kemudian yang bergadang atau kurang tidur adakalanya karena berdo'a dan beribadah kepad Allah di malam hari. Sudah menjadi kebiasaan orang-orang soleh adalah shalt malam dan berdzikir, bermunajat, berdo'a, dan beristighfar serta beristighatsah di malam hari. Ini sangat menyita waktu tidur namun tetap harus dilakukan. Bagaikan kita mendaki gunung maka kita harus naik dengan menapaki tangga-tangga pijakan yang panjang. Nafas kita tersengal-sengal dan keringat bercucur deras. namun kita yakin bahwa nanti setelah tiba di puncak tertinggi kita akan mendapatkan kebahagiaan dan pemandangan yang indah. Beribadah kepada Allah di malam hari akan meningkatkan derajat kita hingga sampai kita bahagia ada di puncaknya. Kemudian saat mentari meninggi kita turun lagi ke lembah kehidupan sedia kala dan bergaul dengan masyarakat menebar senyum, optimisme, ilmu hikmah dan kebaikan. Kita sampaikan bahwa untuk sampai kepada puncak kebahagiaan perlu persiapan, fisik yang sehat, pikiran yang positif, dan bekal yang ringan tapi berkualitas. Sampaikan pula bahwa di puncak pemandangannya indah. Jangan lupa sampaikan pula bahwa setelah di puncak anginnya kencang dan kita harus turu lagi ke lembah karena di atas tidak banyak orang dan kebanyakan asyik dengan kebahagiaannya masing masing. Segera turun dan semaikan jiwa-jiwa optimis kepada yang lain. Oh ya satu lagi tetaplah selalu terhubung kepada Allah.
  • Mengenai ibadah di mamlam hari kita jangan sampai kalah oleh mereka yang berbuat jahat di malam hari. Mereka yang merencanakan makar atau tipu muslihat biasa berkumpul di kegelapan malam. Mereka bersuara dengan bisikan dan isyarat seolah sedang mengelabui Tuhan. Mereka rela tidak tidur hanya untuk menemukan cara paling halus dan cocok untuk melakukan rencana jahatnya. Tidak bernilai perbuatan mereka. Namun bagi yang peka akan bahaya maka justru jangan sampai kalah. Kita mainkan permainannya dan jangan lengah dan menganggap enteng. Di antara mereka adalah ada orang-orang yang mulutnya berkomat-kamit dan matanya terpejam. Mereka para tukanng sihir dan tukang tenung serta tukang meramal. Mereka menghubungkan dirinya dengan para syetan dan jin yang mengaku sebagai para utusan Tuhan. Mereka tidak tidur. Jangan sampai lengah oleh perbuatan mereka. Mantra dan jimat yang mereka miliki tidak akan berarti apa-apa bagi yang sebelum tidur melapalkan ayat kursi, dua ayat terakhir al-baqarah, al-ikhlas, dan al-mu'awidzatain.
  • Yang tidak tur mungkinada juga yang melakukan perbuatan yang tidak baik. Istialhnya berangkat sore pulang pagi atau berangkat pagi pulang pagi lagi. Kita tahu masing-masing perbatan jahat banyak terjadi di malam hari. Jangan sampai kita termasuk daftar nama-nama itu.
  • Diantara kita yang kurang tidur mungkin sedanga resah dan gelisa. Ada yang sedang sedih karena masa lalunya. Sedih karena dosa-dosa di masa lalu sangatlah baik dan segeralah minta ampunan. Bila sampai dosa itu terbayang terus hingga kita tidak nyenyak tidur, semoga itu menjadi penebus dosa kita hingga terhapus semuanya. Namun jangan pula terlarut dalam kesedihan. Bergembiralah dan berharaplah karena kita telah dibimbing Allah hingga mengakui dosa kita. Perbanyaklah berharap dan mohonkanlah karunia terbaik untuk kita dunia dan akhirat. Dan bila kesedihan kita itu karena ada sesuatu yang hilang dari diri dan genggaman kita, maka bersabarlah. Semua telah dicatat oleh Allah, mohonkanlah pengganti dan pilihan terbaik kepada Allah.
  • Ada juga yang bingung dengan masa depan. Hari ini yang serba ketat dalm persaingan sementara kemampuan sangat pas-pasan. Itu wajar saja kita bingung. namun ingat kita ini milik Allah maka serahkan semuanya kepada Allah dan berharaplah. Tanda orang berharap dan berserah kepada Allah adalah menunaikan dan melaksanakan agama Islam. Bila shalat banyak yang bolong maka segeralah perbaiki sampai ke sunnah-sunnahnya. Bila puasa sering bolong maka qadha dan berpuasalah dengan mengamalkan terus amalan-amalan hati yang baik. Bila ada uang sedekahlah, infaqlah, berzakatlah, berumrahlah, hajilah, berwakaflah, dan semaikan benih-benih kebaikan. Ingat bila kita menghibur, membahagiakan, dan memudahkan orang lain maka kita akan diberi kemudahan oleh Allah SWT.
  • Ada yang tidak bisa tidur karena sedang sakit. Mungkin sakitnya adalah karena terkena sindrome atau ada bagian hormon ertentu yang kurang berfungsi sehingga sehari semalam aktif terus dan matanya tidak tidur terpejam pun tidak. Ya Allah bila ada yang seperti ini mudahkanlah urusannya dan berilah ia kenikmatan tidur dan istirahat.
  • Atau mungkin karena ia sedang demam sehingga mata terus terbuka dan merasakan aliran suhu yang tidak menentu. Bagaikan hawa di awan yang beralih antara panas yang membara dan dingin yang menghasilakn salju. Semua dalam bentuk badai dan beradu menimbulkan kilatan petir. Seperti itulah dalam tubuh yang demam. Pantas saja ia tidak bisa tidur.
  • Mungkin juga ia terkena typus dan sengatan panas yang tinggi. Bila puncak panas sedang terjadi ia berteriak dan menjerit dan matanya membelalak hinnga ia pingsan dan tidak sadarkan diri. Untu yang sakit maka sembuhkan lah ya Allah Tuhannya manusi hilangkanlah bahaya dan penyakitnya, sesungguhnya Engkau maha menyembuhkan, tada obat selain dari Mu, Obatilah sembuhkanlah dengan obat dan penawar serta kesembuhkan yang sama sekali tidak menyisakan bekas dan sakit.
  • Tidak tidur juga bisa karena menunggui dan menjaga yang lagi sakit. Luar biasa istimewanya perbuatan ini. Bagi para ib dan ayah yang anaknya sedang sakit, para isteri atau suami yang suami atau isterinya sedang sakit, serta kerabar yang saudaranya sedang sakit, para ustadz yang santrinya sakit, atau para santri yang stadznya sedang sakit, berbahagialah dan jagalah mereka. Berikan bantuan terbaik dan buatlah mereka tenang.

Amalan yang Tidak Boleh Terlewatkan

Sejak awal kata-kata di tulisan ini mengajak untuk selalu berbuat yang terbaik dalam rangka beribadah kepada Allah. Diantara amalan yang harus selalu ada adalah Dzikir kepada Allah. Dalam salah satu ktabnya Imam Nawawi Ad-Dimasyq menulis Bab khusus tentang "makruhnya tidur tanpa berdzikir kepada Allh". Dari riwayat-riwayat yang ia tulis di kitabnya sangat jelas bahwa sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Rasulullah mewasiatkan agar jangan sampai lisan dan bibir kita kering dari dzikir. Bahasa ang disampaikan Rasulullah sangat jelas bahwa kita harus membasahi lisan dengan dzikir kepada Allah.

Dalam Kitab Al-Adzkar Imam Nawawi mencatat;
رَوَيْنَا فِيْ سُنَنِ أبِيْ دَاوُدَ بِأِسْنَاجَيِّدٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنْ رَسُوْ لِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ قَعَدَ مَقْعَدًا لَمْ يَذْكُرِ اللهَ تَعَالَى فِيْهِ كَانَتْ عَلَيْهِ مِنَ اللهِ تِرَةٌ، وَمَنْ اضْطَجَعَ مَضْجَعًا لاَ يَذْكُرُ اللهَ تَعَالَى فِيْهِكَانَتْ عَلَيْهِ منَ اللهِ تِرَةٌ.
Dalam Hadits ini, Rasulullah bersabda,"Barang siapa yang menduduki satu tempat tapi dia tidak berdzikir kepada Allah maka ia akan mendapatkan kekurangan atau bahaya. Dan barang siapa yang tidur tapi tidak berdzikir kepada Allah maka Ia akan memberikan bencana kepadanya."

Yang kedua, saat malam tiba jangan sampai terlewatkan untuk mendo'akan kebaikan bagi orang lain tanpa sepengetahuannya. Ini sungguh amalan utama dan pemberian yang sangat besar. Sebaiknya kit punya daftar nama baik saudara, kerabat, tetangga, kawan seprofesi, kawan main, atau bahkan musuh yang ingin kita ajak kepada kebaikan, daftar nama orang-orang sakit, yan punya masalah berat, yang ingin punya jodoh, dan banyak lagi. Kita do'akan satu persatu. Mohonkan untuk mereka keimanan yang kuat, kesehatan, ampuna, kesuksesan, kekayaan, naik pangkat dan jabatan, sabar, jujur, dan jangan lu[pa mintakan 'afiah dari Allh SWT.

Ini dalilnya;
مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُوْ لِأَخِيْهِ بِطَهْرِ الْغَيْبِ إلأَّ قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلِ.
Dalam hadits ini Rasulullah menceritakan, bahwa siapapun orangnya (hamba yang muslim)yang berdo'a untuk saudaranya, sementara saudaranya tidak tahu bahwa ia didoakan olehnya, maka malaikat berkata kamu akan mendapatkan seperti itu semua.

Itu amalan yang sangat luar biasa. Efeknya ganda dan berlipat. Ikhlash adalah inti dari amalan ini. Jangan sampai kita ketinggalan melakukannya ...

Billahi fi sabililhaqq ...

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.