Historia Vincit Omnia

Mengkaji sejarah untuk membangun masa depan. Kesuksesan dan kejayaan masa lalu dijadikan pedoman. Metode-metode menuju keberhasilan ditafsirkan. Trik-trik jitu dari masa lalu dibuka. Pendekatan-pendekatan yang menghantarkan kepada peradaban tinggi didiskusikan. Hikmah dan filsafat yang mendasari kejayaan di masa lalu dikuak dan diterjemahkan.

Sejarah harus dijadikan motivasi dan inspirasi bagi kehidupan yang lebih baik. Mengkaji sejarah bukannya hanya betanya tentang siapa, dimana, dan kapan. Namun petanyaan kritis yang arus dilontarkan adakah mengapa, bagaimana, dan apa jadinya bila. Hal ini karena sejarah bukan hanya berisi tenang informasi kejadian yang diurutkan berdasarkan titi mangsa. Banun sejarah adalah sekumpulan informasi yang menyajikan panggung kehidupan di masa lalu yang harus kita ambil mutiara hikmah darinya.

Selain cerita kejayaan, sejarah juga berisi kisah pilu dan cerita kegagalan dan kehancuran. Kita dapat mengambil pelajaran darainya. Faktor-faktor yang membuat orang-orang dahulu hancur maka harus kita hindari. Kajilah dengan mendalam penyebab suatu peradaban menjadi rntuh dan sirna ditelan zaman.

Janganlah ada rasa enggan mengkaji sejarah karena di dalamnya banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita raih. Orang yang enggan membukanya dan merasa malas membuka catatan buruk peradaban masa lalaunya akan tergilas oleh roda zaman yang tidak berhenti berputar sampai hari qiamah tiba. Begitu juga orang yang hanya bangga akan sejarah masa lalunya tidak akan beguna apa-apa sebelum ia melaksanakan bahakan mengungguli kejayaan masa lalunya.

Historia Vincit Omnia, mengkaji sejaarah untuk bangkit dan bergerak.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.