He event doesn’t know about it

Benarkah madu dihasilkan oleh lebah .. ??
Jawabannya benar. Lebah madu akan menghasilkan madu.

Kiasan ini menggambarkan bahwa orang yang hatinya baik maka yang keluar darinya akan baik. Ucapannya baik, tingkah lakunya baik, akhlaqnya baik, pergaulannya baik, makanannya baik, minumannya baik, sumber rezekinya baik, dan sebagainya.

Begitu pula bila hati tidak baik maka yang keluar darinya akan tidak baik, Ucapannya tidak baik, tingkah lakunya tidak baik, akhlaqnya tidak baik, pergaulannya tidak baik, makanannya tidak baik, minumannya tidak baik, sumber rezekinya tidak baik, dan sebagainya.

Kata-kata

Orang yang hatinya tidak baik akan mengeluarkan yang tidak baik. Maka kata-kata yang diucapkan walaupun susunannya benar dan redaksinya mengandung kebenaran namun ketika ia ucapkan maka kata-kata itu menjadi tidak baik karena muatannya sudah berubah.

Contoh yang paling jelas adalah ada ucapan kaum khawarij yang cukup terkenal dan mengandung kebenaran, yaitu: “in al-hukmu illa lillah”. Namun Imam ‘Ali serta merta menolak ucapan itu dengan mengatakan; “Ucapan yang benar namun dimaksudkan untuk kebatilan”. Redaksi da nisi nya benar namun tujuannya salah.

He event doesn’t know about it

Kalimat ini kalau diucapkan dengan datar dan tidak ada muatan lain seperti menggunjing, merendahkan, memfitnah, atau yang lainnya, maka ungkapan ini aman digunakan.

Sedangkan bila dalam redaksi kalimat ini terkandung muatan menghina dan sebagainya maka ungkapan sederhana ini menjadi rentan dan lebih baik kita tinggalkan.

Bila saja ada orang yang kurang memahami masalah atau materi yang disampaikannya bukan berarti kita merasa ada teman sebagai sesame oang yang tidak mengerti. Sikap tenang karena ada yang sama dalam menghadapi suat situasi sementara kita sebenarnya mampu untuk lebih baik dari pada itu maka ungkapan He event doesn’t know about it ini sangat berbahaya.

Dengan ini teruslah belajar dan berlombalah dalam kebaikan. Pandanglah dan tauladani kebaikan orang lain. Jangan lah merasa nyaman dengan kualitas diri yang rendah hanya karena banyak yang senasib.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.