He did So Because He Had an ax to Grind

Siapa sih orangnya yang bisa menetahui isi hati manusia ??

Hanya Allah lah yang Maha mengetahui isi hati. Seseorang tidak bisa mengetahui apa yang dirasakan atau dikatakan oleh hati orang lain. Maka kita diajarkan untuk tidak mengorek-ngorek motif dan mengintip-intip apa yang terbersit dalam hati seseorang.

Sudah menjadi kebiasaan bahwa kita sering merasa paling ahli dalam menilai motivasi orang lain dalam bertindak. Bahkan kita seolah lebih tahu motif dan tujuan suatu perbuatan dibandingkan dengan orang yang melakukannya.

Sikap yang selalu ingin tahu motif dan repot dengan urusan itu pada akhirnya akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain yang merasa diawas-awasi dan diperhatikan dengan pandangan curiga. Ketidaknyamanan yang timbul dapat mengakibatkan retaknya hubungan baik yang selama ini terjalin.

Sebaik-baik manusia adalah yang selalu berbaik sangka terhadap orang lain. Orang yang mudah memaafkan dan merasa berbahagia apabila orang lain berbuat baik kepadanya. Ia akan bahagia pila bila orang lain mendapatkan kebahagiaan.

Sedangkan orang yang paling menderita adalah orang yang buruk sangka terhadap orang lain. Ia tidak akan tenagn dan nyaman. Ia juga tidak akan mendapakan banyak kebaikan dari orang lain. Hidupnya akan resah dan lelah. Sementara ia mengurusi niat orang lain dan lupa niat dan motif sendiri ketika menilai orang lain.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.