Don’t Mix Your Personal Problem with School Problems

Kata apakah yang paling indah … ?
Kata Adil yang paling indah … !

Adil adalah menempatkan sesuatu tepat pada tempatnya. Misalnya anak menaati orang tuanya. Guru mendidik muridnya. Pemimpin melayani rakyatnya. Rakyat menaati pemimpinnya, dan banyak lagi contoh yang lainnya.

Bila keadilan diterapkan maka akan tercipta harmoni yang serasi. Keserasian ini akan menimbulkan keindahan. Bagian-bagian dalam satu kumpulan berperan penting dan aktif menghadirkan paduan yang serasi.

Keadilan yang diterapkan dalam segala bidang mejadikan semua meyelaraskan diri. Bagaikan satu barisan yang kokoh dan lurus. Semua anggota yang ada dalam barisan itu sama-sama menyelaraskan diri sesuai dengan potensi dan kondisi masing-masing.
Keadilan yang diwuudkan dalam segala hal akan menciptakan suasana rukun dan seimbang. Tidak ada yang merasa berjasa dan banyak andil. Juga tidak ada yang merasa minder dan malu karena merasa belum bisa berbuat banyak untuk kepentingan bersama. Keadilan adalah seimbang dan wajar sesuai dengan situasi dan kemampuan masing-masing.

Sikap adil ini harus menurunkan sikap-sikap baik yang akan dilaksanakan dalam hidup seharai-hari. Kalimat Don’t Mix Your Personal Problem with School Problems dapat dijadikan sebuah semboyan atau jargon. Sebisa mungkin kita harus bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya masing-masing. Jiwa manusia satu, mau dibawa kemana pun dan dalam kondisi apapun yang dipakai adalah jiwa yang itu juga. Namun begitu setidaknya harus dapat dipahami bahwa setiap pos atau posisi punya cara yang khusus.

Kepandaian untuk menstabilkan emosi dalam berbagai situasi dan kondisi sangat berharga. Memang seperti tadi disebutkan bahwa sebenarnya mausia tidak bisa memilah-milah bagian hidupnya. Karena seluruh aspek adalah satu dan tidak bisa di bagi-bagi. Namun seperti tadi juga berusaha untuk menampilkan yang terbaik bagi posisi berbeda dengan asal masalah kita adalah sesuatu yang layak dipelajari dan dikuasai dalam praktik.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.