Do'a Orang Awam di Penghujung Ramadhan

Bismillahirrahmaniraahim
Alhamdulillahirabbil'alamin
Astaghfirullahal'azhim
Allahumma shalli 'alaa Muhammadin
Wa 'ala aalihi washahbihi ajmain

Ya Allah kami telah sampai di penghujung bulan suci Ramadhan. Ampunilah dosa-dosa kami, kekhilapan kami, kelalaian kami, kedurhakaam kami, kemalasan kami, dan sedikitnya rasa syukur kami.

Ampunilah dosa mata kami, ampunilah dosa pendengaran kami, ampunilah dosa indera perasa kami, ampunilah indera penciuman kamai. Ampuni ya Allah dosa tangan kami, dosa kaki kami. Ampuni ya Allah dosa otak dan pikiran kami, dosa hati dan perasaan kami, dosa hawa nafsu kami.

Ampunilah dosa orang tua kami, panjangkanlah umur mereka, berilah mereka kesehatan yang sempurna, berikanlah kesejahteraan, kemakmuran, dan kekayaan. Berilah mereka kebahagiaan, hilangkan kebingungan dan kesedihannya. Bangunkanlah untuk mereka rumah yang besar, kokoh, dan barokah. Panggilla mereka ke tanah suci dengan kuasaMu. Kabulkanlah segala do'a mereka. Mudahkanlah urusan mereka. Wujudkanlah harapan-harapan mereka. Tinggikanlah derajat mereka di sisimu. Luhurkanlah martabat mereka di hadapan manusia. Jauhkanlah mereka dari marabahaya. Muliakanlah mereka dengan putera-puteri yang beriman dan berbakti. Tempatkanlah mereka bersama orang-orang shalih. Berikanlah kami kemampuan untuk berbakti kepada mereka sebelum dan setelah mereka tutup usia.

Ya Allah ampunilah saudara-saudara kami. Berikanlah kesehatan. Berkahilah rizki mereka, harta mereka, keluarga mereka, anak mereka, dan usaha mereka. Shalihkan lah hati mereka. Hilangkanlah keburukan dari dalam diri mereka. Siapapun yang telah berbuat baik dan menyayangi kami, menghormati, dan mengayomi, mudahkan ah urusan mereka, tinggikanlah derajat mereka, berilah mereka kekayaan yang berkah dan rizki yang berlimpah. Dan bila diantara mereka pernah ada yang berbuat salah hingga menggores hati kami, maka maafkanlah dan sadarkanlah, dan berikan mereka kelapangan hidup dan rizki serta kesehatan.

Ya Allah ampunilah guru-guru kami, hapuskanlah kesalahan mereka, tutupi kekurangan dan aib mereka. Berkahila ilmu, harta dan keluarga mereka. Jadikanlah anak-anak mereka shalih dan shalihah. Tambahkanlah kepada mereka ilmu yang bermanfaat.

Ya Allah ampunilah para sahabat kami. Berikanlah kekuatan, kesehatan dan kebahagiaan kepada mereka. Curahkanlah kasih dan sayang Mu, berikan mereka kesejahteraan hidup dan kemakmuran rizki dari Mu. Mudahkanlah urusan mereka, rukunkanlah keluarga mereka, jadikanlah putera-dan puteri mereka shalih dan shalihah. Siapapu diantara mereka yang bernbuat baik kepada kami maka terimalah kebaikan mereka dan berkahilah serta tambahkanlah nikmatMu kepada mereka. Dan siapapun yang pernah menaruh dendam, benci, iri, dan niat baik atau perbuatan yang menyakitkan hati kami, maka maafkanlah, tetapkanlah mereka di Jalan kebenaran.

Ya Allah ampunilah para murid kami. Ampunilah kami yang tidak bisa mendidik hingga mereka berada dalam jalan yang benar. Maka luaskanlah pengetahuan mereka, bukakan dan bersihkan jiwa mereka. Tambahkan kesabaran dan pengetahuan kepada kami dalam mendidik mereka.

Ya Allah siapapun yang berdo'a kepadaMu dengan do'a baik dan tulus maka kabulkan lah do'a mereka. Yang ingin kaya dan berkah harta, maka berila kekayaan dan berkahilah harta mereka. Tunjukan mereka jalan yang benar dalam mencari dan memanfaatkan harta kekayaannya.

Ya Allah siapapun yang berdo'a berharap agar cepat memiliki jodoh yang baik agar ia menyempurnakan agamanya, maka mudahkanlah dan lapangkanlah rezeki mereka. Tunjukkan dan berikan kepada mereka jodoh yang shalih dan shalihah dengan caraMu.

Ya Allah siapapun yang ingin memiliki pekerjaan halal, maka bimbinglah mereka, berikan mereka ilmu dan keterampilan, bimbinglah mereka agar mendapat pekerjaan yang baik dan halal. Arahkan mereka untuk sabar dan tawakkal sehingga terlena dengan pekerjaanNya.

Ya Allah siapapun yang ingin naik pangkat dan derajatnya, tunjukanlah mereka ke jalan Mu yang benar. Tariklah mereka agar lebih dengan kepada Engkau Tuhan yang maha meninggikan derajat dan Tuhan yang Maha merendahkan martabat, Engkau yang Maha hidup dan yang Maha mematikan.

Ya Allah siapapun yang berharap punya keturunan, sabarkanlah mereka, tunjukannlah cara-cara yang benar, dekatkan lah mereka kepada Mu. Berikanlah kepada mereka keturunan yang shalih shalihah yang akan memberati bumi dan menghiasinya dengan lantunan takbir yang mengagungkanMu.

Ya Allah terimalah dari kami shalat kami, ibadah kami, puasa kami, ruku kami, sujud kami, dan amal kami. Ya Allah berikan kepada kami di dunia, dan berikan pula kepa kami kebaikan di akhirat, kami berlindung kepada Mu dari fitna hidup dan mati, serta fitnah siksa kubur dan siksa api neraka.

Amin ya Rabbal'alamin
Amin ya Arhamarrahimin
Amin ya Hayyu ya Qayyum
Amin ya Dzaljalali wal Ikram
Amin ya Allah ya Mujibassailin

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.