Cara Menghilangkan Rasa Dengki

Mengharapkan nikmat yang ada pada orang lain kemudian ingin sekali nikmat itu hilang darinya merupakan definisi dari dengki. Awalnya bisa saja karena ia takabbur terhadap dirinya.Ia merasa bhawa hanya dirinya yang lebih pantas mendapatkan kenikmatan itu.

Dengan ini dengki adalah turunan dari sikap mental yang jahat dan termasuk penyakit yang mematikan. Ia menggunakan potensi dan kemampuannya untuk digunakan sebagai alat agar kenikmatan yang ada pada orang yang ia dengki kepadanya hilang lenyap.

Bila tidak segera diobati penyakit ini akan membunuh sang pengidapnya. Dengki ini adalah racun pembunuh. Orang yang dengki ibarat orang yang menenggak racun sementara ia berharap orang lain yang mati. Ini sungguh kebodohan yang sangat mendasar dalam artian kebodohan dibawah kebodohan.

Penyakit dengki ini harus segera ditangani. Segeralah cari penawar dan obatnya. Obatnya tidak dijual di apotek tidak pula di rumah sakit. Ia ada dalam keimanan kepada Allah. Berupaya lah untuk mendekat kepadanya. Hancurkan sifat sombong yang ada dan katakan pada Tuhan, "Ya Tuhan aku sedang mendengki, dan hati ini berada dalam genggamanmu, maka atas kuasaMu hilangkanlah rasa dengki ini dari dalam hati ku."

Lalu kemudian sadarkanlah hati dan teruslah berdo'a. Insafilah bahwa Allah yang membagikan semua anugerah kepada orang yang dikehendakinya. Bila kita tidak mendapatkanNya berbaik sangka kepada Taqdirnya akan mendatangkan nikmat lain yang setara atau bahkan lebih besar dari yang kita inginkan. Dengan hikmah yang ada padaNya kita patut untuk percaya. Teruslah berdo'a dan memantaskan kerendahan hati di hadapanNya.

Selanjutnya, Sifat dengki ini sangat berbahaya bila tidak segera diobati. Dengan adanya penyakit ini persaingan bisnis dan kemasyarakatan menjadi tidak nyaman. Perkataan dan tindakan yang di lakukan lebih mencerminkan pada persaingan yang tidak sehat. Ini membuat suasana kerja dan lingkungan tempat kita mengabdikan diri menjadi sangat tidak nyaman.

Dengan alasan di atas, maka adanya kedengkian hanya menambah runyam masalah. Putusnya tali kekeluargaan dan hubungan persahabatan atau ketetanggan menjadi terputus atau sekurang-kurangnya tidak begitu hangat dan harmonis. Maka secepatnya penyakit ini harus segera masuk ruangan operasi dan harus segera diamputasi sebelum merembet dan membawa penyakit yang lainnya.

Kemudian yang harus dilakukan adalah memperbanyak ilmu tentang segala sesuatu tentang makhluk Allah dan berusaha menyelami hikmah-hikmah dari perbuatan Allah. Bacalah buku-buku bermutu dan bergaul dengan orang-orang shalih. Bersyukurlah atas nikmat yang sangat banyak yang telah didapat dan dinikmati selama ini. Selanjunya mendekat lah kepada orang yang didengki dan temukan kebaikan-kebaikan yang ia lakukan dan lupakan keburukan-keburukan yang pernah ia lakukan.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.