Cara Cepat Menguasai Bahasa Arab

Kalau mau cepat bia bahasa apapun langkah paling cepat adalah dengan menggunakannya. Dan yang paling cepat dalam memahirkan diri dalam menggunakannya adalah dengan berpartner dengan orang yang bisa bahasa Arab. maka bagi yang ingin cepat menguasai Bahasa Arab carilah kawan yang bisa Bahasa Arab. Kita bisa mencari mereka yang kuliah atau sekolah di kuliahan atau sekolahan yang menggunakan Bahasa Arab dalam pembelajarannya. Disarankan penggunaan Bahasa Arabnya adalah bahasa aktif.

Yang bagus adalah carilah mentor atau guru bisa juga teman yang pernah kuliah di negeri-negeri yang menggunakan Bahasa Arab dalam percakapannya. Mungkin anda bisa berlatih dengan alimni Mesir, Sudan, Yaman, Tunisia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Dan banyak lagi. Bergaul dengan mereka sanat bermanfaat. Selain kita bisa cepat bisa kita juga akan dilatih untuk menggunakan bahasa dengan tepat sesuai kontek dan waktu serta tempat. Karena tidak jarang satu kata yang kita anggap biasa menjadi berbeda konotasi ketika diucapkan di negara-negara itu.

Kelebihan lainnya adalah kita bisa mengenal budaya dan peradaban yang dikisahkan oleh para mentor atau kawan lulusan timur tengah tersebut. Biasanya karena telah lama mereka tinggal di negeri-negeri arab, logat atau lahjah mereka sudah sangat mirip logat arab. Dengan ini cara pengucapan dan ntonasi yang harus kita ungkapkan akan di ajari pula caranya yang tepat.

Kemudian, cara lain yang jitu adalah mencari teman belajar kita yaitu orang yang pernah tinggal di negeri-negeri arab, baik sebagai pekerja atau lainnya. Para TKI bisa kita guru yang akan melatih kita berbahasa Arab. Walaupun mereka menggunakan bahasa yang bukan bahasa ilmiah namun bergaul dengan mereka akan mempercepat penguasaan bahasa Arab kita.

Selanjutnya yang paling harus kita lakukan adalah belajar kepada orang Arab sendiri. Yang ini sangat luar biasa. Dalam beberapa saat saja bergaul dengan mereka akan membuat kita cepat bisa berbahasa Arab. Dan orang Arab juga akan suka berteman dengan kita, dan kita ajarkan bahasa Indonesia. Jadi saling mengajarkan bahasa masing-masing.

cara yang harus dilakukan adalah dengan belajar Bahasa Arab di Pesantren-pesantren atau tempat-tempat kursus yang aktif menggunakan Bahasa Arab dalam kesehariannya. Kita bisa mondok di pesantren Gontor, Al-Imarat Bandung, Nurul Amanah Bandung, dan yang lainnya.

Bisa juga kita menggunakan media internet atau teknologi. Kita mengunduh vidio-vidio pelajaran Bahasa Arab, atau vidio-vidio yang berisi Percakapan dalam Bahasa Arab baik orang Arab asli atau orang yang menguasai Bahsa Arab meskipun bukan orang Arab asli.

Nah yang terakhir yang mesti kita lakuakan adalah berangkat ke negeri-negeri Arab baik itu sekolah di sana, mesantren di sana, atau bekerja di sana. Atau bila itu tidak dilakukan maka niatkanlah untuk bisa Haji dan Umrah. Seminggu di sana atau selama 40 hari di sana akan menumbuhkan rasa bahasa dan pengalaman berbahasa Arab di negerinya sendiri.

Bla semuanya belum kita lakukan maka yang pertama-tama berdo'alah kepada Allah agar kita cepat bisa berbahasa Arab. Rajinlah membuka kamus Bahasa Arab dan menghapalkan kosa kata di dalamnya. Setelah itu gunakan dalam percakapan sehari-hari. Dan belilah buku panduan percakapan bahasa Arab. Carilah partner paling sedikit satu orang yang komitment akan belajar bahasa Arab dengan kita. Jangan lupa dalam upaya kita cepat menguasai Bahasa arab adalah dengan rajin membaca teks-teks Arab. Yang terbaik adalah Al-Qur'an dan Al-Hadits serta kitab-kitab berbahasa Arab lainnya.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.