Penyebab Rambut Rontok

Rambut yang rontok merupakan hal yang sangat dikhawatirkan banyak orang. Tidak hanya wanita, kaum pria pun sama mengkhawatirkan peristiwa ini. Dianggapnya sanga mengganggu terutama dalam hal penampilan hingga membuat rasa percaya diri menjadi berkuarang bahkan bagi sebagian orang hilang sama sekali.

Masalah rambut rontok memang sudah menjadi momok yang menakutkan. Betapa tidak, rambut sebagai mahkota harus dijaga dan sebisa mungkin harus tampak terawat sebagaimana keanggunan mahkota bagi sang raja.

Maka dengan ini selain kita harus tahu cara merawat rambut rontok, kita juga sangat perlu tahu penyebab-penyebabnya. Hal itu agar kita tepat dalam mengatasi rambut rontok. Hal ini harus cepat ditangani sebelum kerontokannya lebih parah. Penyebab rambut rontok parah adalah diantaranya karena tidak telaten dalam merawat rambut dan gagal mengidentifikasi penyebabanya.

Banyak penyebab kerontokan rambut yang dapat kita sebutkan. Dalam catatan ini akan kami tuliskan beberapa diantaanya.

#Pertama
Karena Faktor Keturunan

Faktor keturunan menduduki urutan pertama penyebab keturunan rambut. Ada pengalaman menarik yang bisa disebutkan. Kami memiliki beberapa kawan yang usianya terpaut jauh sekitar sepuluh tahun. Ternyata rambutnya rontok. Dan diyakini kerontokan rambutnya adalah karena faktor keturunan. Setelah kami perhatikan ternyata bapaknya juga rambutnya rontok.

#Kedua
Terserang Typus

Penyebab kerontokan rambut yang kedua adalah terkena penyakit typus. Bila orang terserang penyakit ini maka ia akan merasakan tubuhnya panas dan memang suhu tubuhnya terkadang sangat tinggi. Dan bila sedang turun suhu tubuhnya maka ia akan merasakan sangat kedingingan. Dan kemudian ia akan mengalami kerontokan rambut. Penulis pernah mengalaminya.

#Ketiga
Terserang Penyakit Lupus

Penyakit yang menyerang bagian otak atau kepala dapat menyebabakan kerontokan rambut. Penyakit lupus, kanker otak, atau dan yang lainnya sangat berperan dalam menggangu pertumbuhan rambut dan membuatnya rontok.

#Keempat
Gangguan Hormon

Masalahnya ada yang tidak seimbang dalam pertumbuhan rambut. Hormon yang menjadi sebab ketidaknormalan pertumbuhan rambut adalah hormon androgen yang kurang maksimal dalam fungsinya. Maka disini yang perlu diperhatikan adalah bagaimana caranya agar hormon ini berfungsi dengan baik.

#Kelima
Kekurangan Vitamin

Diantara faktor kerontokan rambut adalah kekurangan vitamin E. Untuk mendapatkan vitamn E kita bisa mendapatkannya dalam biji-bijian atau kacang-kacangan. Kekurang vitamin ini akan membuat rambut banyak yang rontok.

#Keenam
Salah mengkonsumsi Obat-Obatan

Salah menggunakan obat-obatan atau pemakainnya tepat hanya saja ada efek samping ke rambut. Diyakini ada beberapa obat-obatan yang bila dikonsumsi akan merangsang tubuh beradaftasi dengannya. Bentuk adftasinya diantaranya adalah dengan kerontokan rambut.

#Ketujuh
Ada Infeksi

Keberadaan infeksi dikepala karena ada bakteri atau kuman yang masuk ke bagian kulit kepala. Ini bisa terjadi bila ada luka yang terbuka kemudian dibiarkan tidak dibersihkan dan tidak tertutup hingga menyebabakan infeksi.

#Kedelapan
Stress

Tekanan btin dan kegundahan bisa membuat rontoknya kepala. Bisa juga terjadi pada pelajar yang berusaha menghapalkan pelajaran dalam waktu singkat. Itu akan terjadi kerontokan rambut akibat suhu otak atau temperatur kepala yang selalu hangat bahkan panas.

#Kesembilan
Sedang Hamil atau Persalinan

Fase ini bagi sebagian wanita bisa menyebabkan kerontokan rambut. Hal itu karena pengaruh hormon yang ada gangguan. Seperti dijelaskan pada bagian hormon, bila ada gangguan atau mal fungsi pada hormon maka akan terjadi kerontokan rambut.

#Kesepuluh
Sedang dikemterapi

Kemo dapat mnyebabkan kerontokan rambut yang parah. Rambut kepala akan berguguran setelah dikemo.

#Kesepuluh
Tidak Cocok Shampoo

Shampo yang tidak cocok bisa menyebabkan rambut rontok. Tips amannya adalah kita harus konsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan shampo tertentu.

Itulah beberapa pengalaman yang biasanya menyebabkan rambut menjadi rontok. Penulis mengharapkan saran, kritik, dan masukan demi perbaikan.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.