Menghapal Al-Qur'an di Hadapan Ahlinya

Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli 'ala Muhammad
Wa 'ala Ali Muhammad

Beberapa saat yang lalu kami bersama para teman-teman pernah beberapa kali singgah di mssjid-mssjid wilayah Bandung Kota. Saya mendapati bacaan imam-imamnya sangat baik terutama imam-imam Tarawih pada Bulan Ramadhan.Ini tentu sangat menggembirakan.

Di kesempatan yang lain kami mendapati ada pula imam-imam masjid yang bacaannya tidak baik. Banyak salah ucap dan salah pula sambungan ayatnya. Kami lihat mereka sudah berumur lanjut. Pertanyaannya kenapa ia masih membaca Al-Qur'an dengan salah.

Catatan ini mencoba berbagi pengalaman mengenai keharusan kita sebagai orang tua mencarikan guru Al-qur'an yang ahli dan baik akhlaqnya. Menurut pengalaman kami anak yang belajar Al-Qur'an kepada guru yang tidak baik bacaan Al-Qur'an-nya maka ia akan sulit berubah dari kebiasaannya dalam membaca ayat-ayat Al-Qur'an bila dibenarkan. Hal ini karena kebiasaan cara dan naghmahnya dalam membaca seperti itu telah berlanjut sekian lama.

Bertalaqqi dan mengulang hapalan di hadapan seorang guru yang ahli akan membuat hapalan kita kuat. Ia akan menuntun kita cara membaca Al-Qur'an yang baik dan benar. Bahkan ia akan memberikan pemahaman dan tafsiran yang tepat yang dibungkusnya dengan hikmah-hikmah kehidupan.

Bahkan bila masih mungkin bagi kita untuk membawa anak-anak kita kepada seorang guru yang memiliki sanad hapalan yang bersambung sampai kepada Rsulullah saw. Sekarang jangan ragu-ragu untuk memasukkan anak kita ke pesantren-pesantren tahfidz dan Al-Qur'an.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.