Menambah dan Mengulang Hapalan Pada Ramadhan 1436

Bulan Ramdhan adalah bulan Al-Qur'an. Pertama kali Al-Qur'a diturunkan dan pada bulan ini pula Rasulullah mengajarkan bahwa orang-orang yang sedang berpuasa harus lebih rajin membaca Al-Qur'an. Bahkan Rasulullah mengulang hapalannya bersama Jibril as pada bulan Ramadhan ini pula.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk kembali menambah hapalan Al-Qur'an dengan intensitas dan kwalitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan pada bulan ini kita aan lebih terkondisi dalam menjalankannya. Dalam istilah kita adalah terbawa suasana. Meskipun kita memang sudah meniatkannya untuk melaksanakan rencana ini, kita juga terbawa arus kesalihan yang marak dan menjadi fenmena saat Ramadhan tiba.


Pada Bulan Ramadhan tahun ini bertepatan dengan liburan sekolah. Baik SD, SMP, atau SMA bahkan DTA dan anak-anak kampus perguruan tinggi semua sedang dalam keadaan liburan sekolah. Maka jangan sampai kita cuma menganggur tanpa beraktifitas dan memperbanyak tidur.

Bagi para siswa maka Ramadhan bukanlah saatnya malas-malasan. Ini tidak ada contohnya. Yang ada adalah Ramadhan merupakan bulan giat dan terengginas. KIta jauh-jauh hari harus memiliki rencana yang baik dalam mengisi liburan kita. Maka sambil berpuasa kita bisa meluangkan waktu untuk menambah ilmu dan memperbaiki amal.

Menambah hapalan Al-Qur'an adalah diantara aktifitas yang jangan sampai luput dari rencana kita. Sebagai muslim Al-Qur'an harus mendapat perhatian dalam porsi yang besar. Ia harus kita kaji dan kita hapalkan. Sebelum beramal kita tentu harus terlebih dahulu hapal. Perhatian kita terhadap Al-Qur'an adalah bentuk dari keimanan kita kepada allah. Orang menghapal Al-Qur'an tidak akan tergolong orang-orang yang menelentarkan Al-Qur'an.

Kemudian Pada Bulan Ramadhan ini kita juga bisa harus melakukan aktifitas yang tidak kalah pentingnya yaitu mengulang kembali hapalan kita. Terkadang di hari-hari yang lain atau saat kita sedang sibuk bersekolah kita merasa keteteran dalam mengulang hapaln hingga kita kehilangna banyak hapalan. Nah sekarang mulailah untuk kembal mengakrabi Al-Qur'an dan berusaha hadir dalam halaqah-halaqah al-Qur'an Al-Karim.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.