Cara Mengatasi Uban dengan Teh Hijau Basi

bagi kebanyaan orang indonesia yang berambut hitam, adanya rambut putih atau uban sangat mengganggu penampilan. Beruban berarti tidak muda lagi, alias tuwir bin tua. Uban adalah ciri khas orang tua. Makanya para anak muda yang berusia 20an tahun sangat khawatir dan merasa tidak PD bila di kepalanya banyak ditumbuhi uban.

Konon katanya yang pertama kali beruban adalah Nabi Ibrahim. Saat beliau bercermin ia melihat sesuatu yang mengkilat dari balik rambutnya yang hitam. Karena kedekatannya dengan Allah lantas ia bertanya, "Tuhan, apakah yang di rambutku ini." Tuhan menjawab, "Itulah tanda kebesaran." Ibrahim berkata lagi, "Kalau begitu tambahkanlah tanda kebesaran ini untukku."


Dalam kisah yang lain, diceritakan ada seorang yang shalih dan tekun ibadah. Karena saking dekatnya dengan Tuhan hingga ia pun sangat dekat dengan malaikat pencabut nyawa. Satu saat malaikat pencabut nyawa berkunjung ke rumahnya, lantas orang itu bertanya, "Apakah kamu datang kemari untuk mencabut nyawaku atau sekedar berkunjung?" Malaikat menjawab, "Aku hanya berkunjung." Orang itu berkata, "Baiklah kalau begitu, bila nanti kamu akan mencabut nyawaku, maka aku minta kepadamu agar memberi tanda-tanda dulu padaku." Setelah itu keduanya berpisah untuk sekian lama.

Beberapa puluh tahun kemudian, datanglah malaikat pencabut nyawa yang dulu mendatangi orang yang ahli ibadah tadi. Setelah bertemu orang itu bertanya kepasa malaikat pencabut nyawa, "Apakah kamu datang untuk mencabut nyawaku atau sekedar berkunjung?" Malaikat pencabut nyawa menjawab, "Kali ini aku atang untuk mencabut nyawamu." Mendengar ucapan malaikat seperti itu orang itu sangat kaget dan lalu berkata, "Bukankah dulu aku telah meminta kepadamu, agar bila hendak datang mencabut nyawaku kamu harus memberi tanda-tanda dahulu, dan kamu menyanggupinya kala itu, kenapa sekarang kamu tiba-tiba datang kepadaku untuk mencabut nyawaku tanpa tanda-tanda." Mendengar perkataan orang yang ahli ibadah tadi malaikat kemudian menjawab, "Siapa bila aku tidak memberimu tanda-tanda!? Bukan kah RAMBUTMU TELAH MEMUTIH, bukankah mata mu sudah tidak begitu jelas melihat, bukankah pikiranmu berkurang kecerdasannya, bukan kah selera makanmu telah berkurang, bukan kah punggungmu telah bungkuk, bukan kah kamu sudah tidak mampu membawa beban berat, bukankah kami sudah tidak kuat berdiri lama, bukankah kamu mudah lelah dan gampang terkena sakit???? Itu semua adalah tanda-tanda dariku untukmu kawan. Sekarang ini siapkan dirimu, hadapkan hatimu kepada Tuhan, karena sebentar lagi aku diperitahkan untuk mencabut nyawamu, karena ajalmu segera tiba."


Devinisi Uban

Itulah sekilas tentang rambut putih yang bernama uban. Selanjutnya kita akan kembali ke unsur-unsur yang membentuk topik ini. Kita akan memulainya dari devinisi uban. Dalam situs wikipedia, uban didevinisikan sebagai berikut: "Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih." Kemudian "Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin." Jadi di sini dapat disimpulkan sementara bahwa uban akan segera timbul bila tubuh kita ada masalah dalam produksi melanin. Jadi meskipun usianya masih muda kalau produksi melaninnya berkurang atau tidak mencukupi, maka segera akan tumbuh uban.

Makanan yang Mengandung Melanin

Banyak sekali makanan yang merupakan penghasil melanin yang baik bagi perawatan, pencegahan rambut rontok atau beruban dan perawatan kulit. Kita bisa memanfaatkan daging, susu, telur dalam takaran yang cukup dan seimbang. Termasuk pula biji-bijian, pisang, alpukat, coklat, gandum dan lain-lain.

Kenapa Teh Basi

Sebagimana yang dikenal luas oleh masyarakat, bahwa teh sangat baik untuk anti oksidan dan menangkal radikal bebas. Yang paling baik adalah teh hijau. Ini karena ia mengandung senyawa EGCG pada teh hijau meningkatkan aktivitas Dermal Papillae yang merupakan bagian rambut paling penting.

Apa itu Senyawa EGCG

Situs herdiantrisufriyana.com menjelaskan: EGCG adalah singkatan dari epigallocatechin-3-gallate, yaitu salah satu dari 4 jenis senyawa catechin yang terkandung di dalam teh hijau. Senyawa catechin merupakan kelompok zat paling penting dari teh hijau.

Senyawa ini bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Proses ini sangat penting, karena dengan adanya metabolisme yang baik akan membuat tubuh menjadi tetap sehat. Senyawa EGCG ini mendorong metabolisme agar berjalan dengan baik. Dengan ini produksi zat-zat berguna dan proses peremajaan sel-sel tubuh akan berjalan dengan baik. Maka sel-sela rambut yang kekurangan melanin akan kembali subur dan peremajaan rambut akan berproses dengan baik.

Selain itu, Teh hijau mempunyai senyawa yang memiliki khasiat untuk menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala dan mengontrol produksi minyak. Kadar pH dan minyak yang seimbang mengurangi kemungkinan terjadinya uban di rambut anda. Kandungan penting lain yang dimiliki oleh air teh basi dari teh hijau adalah Polifenol, vitamin C dan vitamin E.
Apakah Semua Teh Bisa Dipakai

Setelah melakukan penelitian dan eksperimen yang berulang kali dan teliti, para ahli kesehatan memberikan rincian dan laporan bahwa jenis teh yang paling baik untuk digunakan sebagai pencegahan dan perawatan rambut beruban adalah jenis teh hijau. Pertanyaan berikutnya adalah apakah semua teh hijau baik khasiatnya?

Menjawab pertanyaan itu, para ahli kembali melakukan percobaan dan mengukur perbedaan-perbedaan hasil dari beberapa jenis teh hijau yang dijadikan percobaan. dan hasilnya, teh hijau tradisional atau yang masih murni adalah yang paling baik. Teh ini belum mengalami proses pengurangan kadar kafein, dan tidak diberi rasa.

Cara penggunaan

Teh hijau tradisional sekitar satu gelas dibiarkan semalam. Tempatkan pada udara terbuka. Setelah itu gunakan seperti anda menggunakan minyak rambut hingga merata. Diamkan beberapa saat sekitar 30 menit. setelah itu cucu kembali dengan air bersih. Lakukan dengan teratur.

Silahkan, selamat mencoba

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.