Berkunjung ke Burkina Faso

Pernahkah anda mendengar nama ini? Dalam globe atau bola dunia ia terletak di daratan Benua Afrika Barat. Dahulu kala ia bernama Volta Hulu yang pada tahun 1984 diganti menjadi Burkina Faso oleh presidennya kala itu, yaitu Thomas Sankara. Sungguh nama yang unik dan menarik.


Kali ini akan kita catat beberapa hal unik yang ada di Burkina Faso.

#1 Rumah Bergambar

Ini adalah hal unik yang pertama dari Burkina Faso. Orang-orang Kassena, begitu mereka menyebut dirinya, adalah penduduk asli Burkina Faso. Merea terpusat pada satu wilayah desa Tibele. Nah rumah bergambar terdapat di desa ini.


Rumah orang-orang Kassena ini unik gayanya, khas Burkin Faso. Bertiang penyangga kayu-kayu yang tidak lurus bahkan ada yang bercabang. Dindingnya terbuat dari lumpur dan memiliki tempat keluar masuk serta jendela kecil sebagai saluran udara dan penerangan.

Sesuai namanya yaitu rumah bergambar, rumah-rumah di tibele ini dihiasi dengan gambar-gambar geometri danla gambar-gambar hewan. Warna hitam dan putih berselang-seling adalah warna dominan yang diaplikasikan. Karena jumlahnya tidak banyak maka masyarakat sangat menjaga rumah-rumah cantik ini.

#2 Masjid

Luar biasa masjid ini, saya pernah menonton tayangan tentangnya, setiap tahun masyarakat akan melumurinya kembali agar celah-celah pada setiap sisinya dapat tertutupi dan masjid menjadi seakan baru kembali. Kenapa mereka melumuriny? Ya benar sekali karena masjid ini terbuat dari tanaha liat. Setiap tahun masyarakat bergotong royong tanpa diupah, dengan rela hati mereka melakukannya.


Di mana kah masjid ini berada? Sebuah situs internet yaitu bujangmasjid.blogspot.com mencatat tentangnya; "TAK TAMPAK SEPERTI MASJID. TAPI INI BENAR BENAR MASJID, MASJID AGUNG BOBO DIOULASSO DI BURKINA FASO. AFRIKA BARAT. MASJID YANG DIBANGUN DARI LUMPUR."



#3 Emas

Burkina Faso adalah negara di Afrika Barat yang menyimpan potensi kekayaan yang melimpah. Diantara yang paling potensial adalah emasnya. Sebuah situs yaitu http://www.metiherawati.com mencatat "Burkina Faso memiliki ladang emas yang sangat banyak, daerah kaya emas itu berada di Greenstone Belts yang membentang sepanjang tiga juta kilometer persegi di Afrika Barat. Burkina Faso diyakini memiliki 21 % dari sabuk tersebut. Namun ironisnya negri ini termasuk negri termiskin di dunia maupun untuk standar hidup rakyat Benua Afrika."

Itulah kunjungan kita kali ini ke Burkina Faso.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.