Apa Itu Wudhu, Dalil dan Hikmah Filosofinya

Wudhu berarti bersih dan indah. Dari pengertian bahasa sehari-hari ini kita sudah dapat menebak bahwa wudhu sudah dilakukan oleh orang-orang masa lalu sebelum Rasulullah saw mengajarkan agama Islam untuk ummat akhir zaman.

Membersihkan jiwa dan raga adalah aktifitas yang dekat dengan manusia. Sudah menjadi fitrahnya manusia ingin membersihkan jiwa dan raganya. Nurani akan selalu tertarik untuk menuju kepada satu kekuatan yang agung dan suci. Citra seperti ini membuatnya rindu akan kesucian.


Kemudian aspek keindahan yang ada pada arti bahasa wudhu juga merupakan satu hal lagi yang inheren dengan manusia. Sudah menjadi fitrahnya manusia mencintai keindahan. Maka setiap aspek kehidupan dibalutnya dengan nuansa keindahan. Kata-kata yang bersya'ir dan memiliki kedalaman makna bertebaran dalam khazanah kemanusiaan. Karya dan hasil akal budinya juga dekat dengan nuansa keindahan.

Kemudian sudah menjadi hal yang umum bahwa Islam bila menggunakan satu istilah maka ia akan memberikan pengertian yang berlandaskan Islam. Maka kata wudhu pun akan memiliki makna yang khas islam.

Wudhu adalah membasuh anggota badan tertentu dengan syarat-syarat, rukun, dan ketentuan tertentu. Dengan ini penjelasannya dapat dilihat dan ditelaah dalam kitab-kitab hadits dan fiqih yang tentunya berdasarkan Al-Qur'an.

Inilah sekilas tentang pengertian wudhu. Adapun caranya adalah
  1. dimulai dengan membaca basmalah
  2. membasuh dua telapak tangan sampai pergelangan tangan
  3. berkumur-kumur dan menggosok gigi
  4. menghisap air lewat hidung dan mengeluarkannya kembali
  5. membasuh muka dari mulai tempat tumbuh rambut hingga bawah dagu, dan dari cuping telinga ke cuping telinga yang sebelah lagi, tidak lupa membasuh belakang telinga dan menyiangi janggut dan kumis serta jambang yang bulunya tebal.
  6. membasuh kedua tangan hingga siku dan dilebihkan sedikit.
  7. membasuh atau mengusap kepala hingga meresap ke kulit rambut.
  8. membasuh kedua telinga dengan air yang baru
  9. membasuh kedua kaki hingga mata kaki.
  10. berdo'a
  11. semua itu harus dilakukan dengan tertib dan berurutan.

Wudhu adalah salah satu dari ajaran Islam tentang kesucian. Islam selain mengajarkan kasih sayang ia juga adalah agama yang sangat intensif dalam mengajarkan kesucian dan kebersihan. Dengan ini hikmah yang dapat diambil adalah Islam meridhai kesucian dan tidak menyukai kekotoran.

Seluruh amal yang dilakukan dalam ajaran Islam harus dilakukan dengan kesucian. Maka ia harus diawali dengan menyucikan jiwa dan raga. Syahadat yang diucapkan harus diawali dengan membersihkan seluruh syubuhat pemikiran dan faham yang salah. Kemudian menetapkan keyakinan yang benar denga berdasarkan ilmu dan bukti yang nyata. Demikian juga amal ibadah yang lain seperti itu.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.