5 Persiapan Sebelum Ramadhan

Sekitar satu bulan lagi Bulan Ramadhan akan menjelang. Ia ditunggu oleh ummat Islam seluruhnya. Ia diananti-nanti oleh segenap kaum mu'minin di seluruh dunia. Memang ia adalah kewajiban yang diserukan kepada orang-orang yang beriman.

Dalam hal menyambut Ramadhan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Dan kali ini kami akan mengajak untuk lebih giat beribadah, bukan karena hendak menyambut Ramadhan namun karena ibadah itu kewajiban. Namun begitu tidak dilarang pula mencari hikmah berdasarkan pengetahuan kita dan berdasarkan atas pendapat para cendikiawan.


Pertama rajinlah berpuasa sunnah. Bisa senin - Kamis berarti anda sampai di Ramadhan itu dapat 7 atu 6 hari selama bulan Sya'ban ini. Atau ditambah dengan puasa pada pertengahan bulannya. Boleh pula memperbanyak puasa pada bulan sya'ban ini mengikuti Rasulullah saw yang paling banyak puasa sunnah pada bulan Sya'ban ini. Hikmahnya adalah saat nanti kita harus puasa badan tidak drop, rasa lelah, haus, dan lapar akan tidak begitu terasa karena kita sudah terbiasa berpuasa sebelumnya. Peralihan jadwal makan itu akan mengganggu keseimbangan tubuh. Hal ini menimbulkan gejala-gejala anomali yang variasi dari rendah hingga membahayakan. Maka rajin puasa sebelum datangnya Ramadhan akan membantu tubuh untuk menyesuaikan denan ritme dan pola makan yang baru.

Kedua rajinlah halat malam. Mtan melaksanakan Shalat Malam itu membutuhkan pengorbanan yang besar. Itu saat-saat berat bagi manusia untuk segera bangun. Jeratan nafsu dan syetan sangat kuat. Maka membiasakan diri melaksanaknnya akan sangat membantu kita dalam berpuasa. Bila sebelumnya tidak pernah kita melaksanakannya maka akan terjadi gejala-gejala yang tidak sehat pada tubuh kita. Kita akan sering kali merasa mengantuk dan malas atau bahkan sering kali lupa bahwa kita sedang puasa.

Ketiga rajinlah membaca Al-Qur'an. Ini sangat penting karena bla kita jarang atau bahkan tidak pernah membacanya maka kita akan kehilangan kesempatan dekat dengan Allah melalui bacaan firman-firman-Nya. Membaca Al-Qur'an sudah bukan rahasia lagi khasiatnya. Al-Qur'an akan membuat jiwa kita tenang.

Keempat rajinlah melaksanakan shalat Shubuh dan Isya berjama'ah. Ini sangat penting, kedua shalat ini nampaknyatidak populer akhir-akhir ini. Dalam waktu kedua shalat ini kebanyakan masjid-masjid kosong. Tidak ketinggalan juga shalat fardhu yang lain harus berjama'ah.

Kelima membiasakan diri tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Istirahat yang cukup dan teratur sangat membantu kesehatan dan ketahanan tubh kita. Kurang tidur dan kurang teraturnya istirahat akan menyebabakan toimbulnya penyakit-penyakit yang berbahaya. Bila tidak ada yang penting maka begadang tidak dianjurkan.

Masih banyak yang harus disiapkan, dan sementara sekian dulu ...

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.