Rawayan di atas Aliran Cidamar

Mungkin ‘rawayan’ masih asing di telinga atau tulisan. Simpelnya rawayan itu jembatan. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat gambar. Peran rawayan ini sangat vital sama dengan jembatan-jembatan yang lain. Adanya jembatan sam tuanya dengan adanya jalan.

Dalam peradaban manusia kita sering mendengar dan melihat jembatan yang luar biasa spektakuler. Di Indonesia misalnya ada ‘Suramadu’ ang menghubungkan pulau Jawa dan pulau Madura. Ini sangat hebat dan membutuhkan keahlian dan pengetahuan tinggi untuk membangunnya. Di Negara-negara lain sangat banyak pula jembatan-jembatan yang sangat memilki nilai arsitektur yang cantik. Jadi selain sebagai penghubung tempat ini juga bisa dipergunakan sebagai tempat rekreasi.

Lihat juga kondisi jalan Gelar Pawitan


Di Gelarpawitan

Selain punya Suramadu, Indonesia juga punya ‘rawayan Gelarpawitan’ yang spektakuler. Bagaimana tidak dengan adanya ini masyarakat bisa pergi ke Cidaun atau tempat lainnya hanya dengan melewati titian dan jembatan berbahaya ini.

Anak-anak sekolah yang jauh jaraknya setiap hari melewati rawayan ini. Orang-orang setempat juga melewati jalan ini. Para tamu dari kota juga sama melewati jalan ini. Para tukang kayu yang memindahkan dan menarik kayu juga sama melewati rawayan ini. Bertahun-tahun sudah rawayan ini telah berjasa menghubungkan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kehidupan ekonomi masyarakat akan tumbuh dan berkembang bila infrastruktur di suatu daerah dilengkapi. Jalan, jembatan, listrik, sarana telekomunikasi dan sebagainya adalah hal-hal yang harus diupayakan keberadaannya. Bila satu daerah begitu lama dibiarkan tidak diperhatikan dalam hal-hal di atas maka peningkatan perekonomian dan taraf hidup masyarakat akan lambat. Meskipun sampai saat-saat ini masyarakat di sana masih baik-baik saja.

Gelarpawitan itu banyak menyimpan potensi yang harus dikelola bersama dengan professional dan modern. Hasil bumi dan kekayaan alam Gelarpawitan sangat melimpah. Syaratnya bukalah akses jalannya, perlebar, perbaiki, di aspal, dibeton, listrik harus segera masuk dan mereta ada pada setiap rumah, jaringan telekomunikasi dan internet harus tersedia, jembatannya dibangun, rawayannya hilangkan dan gantilah dengan jembatan yang representative dan baik.

Sekian catatan Kang Aip dari Gelarpawitan…

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

  1. coba kalau pemerintah mengadakan pesawat mini antar daerah terpencil,seperti di daerah lain antar pulau ke pulau

    BalasHapus

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.