Pentingnya Signal di Handphone Kami

Hidup tanpa HP bagai taman tak berbunga .. Ungkapn ini cukup menggambarkan tren kehidupan masa kiti. HP memang sudah menjadi kebutuhan primer dari kehidupan sebagaian masyarakat dunia tidak terkecuali masyarakat pinggiran seperti masyarakat Gelar Pawitan di Cinajur Selatan. HP sudah pada punya hanya saja signalnya sangat terbatas. Kalau dibilang “ … ah teu aya sinyal”.

Saat globalisasai yang membawa paham kebebasan berekspresi dan mengahncurkan sekat-sekat antar Negara, keberadaan informasi adalah inti pusaran semua aktifitas di era ini. Maka keberadaan media informasi vital adanya pada masa sekarang ini.
Lihat juga Penerangan di Gelarpawitan


Keberadaan signal di Gelarpawitan adalah juga sangat vital. Pertukaran informasi dan kecepatanya akan menggirahkan kehidupan masyarakat. Pertumbuhan dan perkembagan taraf hidup masyarakat akan didorong lebih maju. Apalagi bagi dunia pendidikan, bisnis, teknologi, dan informasi yang bergerak begitu cepat, keberadaan media informasi yang memadai adalah sebuah keniscayaan yang harus ada.

Ada banyak kasus yang cukup membuat sesak dada. Diantaranya karena ketiadaan signal informasi bergerak lambat dan menghabiskan dana yang banayak. Contohnya bila ada informasi dari kota hanya bisa sampai “talatah” dari mulut ke mulut atau lewat surat atau datanga langsung atau mengutus orang. Ribet, repot, tidak efektif dan tidak efisien.

Bahkan ada yang menyesakkan dada, pemberitahuan lewat HP bahwa ada salah seorang kerabat yang dapat berita dari saudaranya yang memberitahukan bahwa ia sakit. Ternyata karena tidak ada signal pesan itu tidak masuk. Baru terbuka setelah ia berangkat ke Cidaun yang ada signal. Setelah ditelaah ternyata pesan itu ditulis satu minggu oleh orang yang meninggal tiga hari yang lalu.

Dengan ketiadaan signal di HP naik loteng rumah atau pohon atau kegiatan memburu signal adalah biasa dilakukan. Berjalan-jalan ke pusat Cidaun salah satunya juga untuk mengirim SMS dan nelphon. Seperti yang terjadi pada kami, saat kami harus mengabarkan kepada Bapak Deni bahwa harus membawa anak-anak qasidah, kami sangat kesulitan. Satu informasi yang akan di sampaikan memerlukan kerja keras yang tidak sedikit.

Internet ???

Jangankan internet atuh nelephon juga gak bisa … Duuuh sok atuh pemerintah the sing enya-enya nguruskeun rahayat teh. Informasi sangat penting dan sarana atau media informasi dan telekomunikasi menjadi sangat penting dan wajib.

Internet adalah tren masa kini yang sangat berguna. Seluruh informasi dalam semua aspek kehidupan tersedia di internet. Internet bagaikan nadi yang mengantarkan darah informasi ke seluaruh penjuru dunia. Ia memuat isi yang beragam.

Dengan internet manusia bisa belajar kepada yang lain. Ia bisa saling bertukar pikiran dan mencontoh kemajuan yang sudah dicapai oleh bangsa lain. Ia bisa juga mengambil inspirasi dari peradaban lain yang sudah begitu maju. Dengan ini diharapkan akan meningkatkan kemajuan baik dalam taraf berfikir dan perilaku maupun dalam tataran praktis dalam bidang pendidikan, social, budaya, politik, hukum, ekonomi, bisnis, dan spiritual.

Untung ada TV

Ya bagi yang berpikiran jernih, alat apapun yang ada akan dipergunakan dengan baik dan sesuai dengan peruntukannya. Sebagian masyarakat Gelarpawitan yang rumahnya sudah dialiri listrik dapat menikmati sarana keberadaan televise untuk mengup date informasi dan hiburan.

Namun sayang belum semua masyarakat dapat menikmati sarana ini. Jangankan TV listriknya pun gak ada. Maka dalam hal ini peran pemerintah dalam mengupayakan pemerataan pembangunan harus lebih digiatkan lagi.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.