Menanti Datangnya Cahaya ke Rumah Kami

Anda tahu kami sedang di mana ? Kami saat ini sedang berada di Gelar Pawitan Cidaun-Cianjur. Kami berlibur sambil melakukan kegiatan Pengabdian masyarakat para mahasiswa TIT Insida. Banyak hal menarik yang bisa kami bagi kepada kawan-kawan semua.

Salah satunya yang ingin kami share adalah; ternyata tidak semua rumah di Desa Gelar Pawitan mendapatkan penerangan dari PLN. Badan Usaha Milik Negara ini serasa bukan milik Negara Indonesia. Bagi mayarakat Gelar Pawitan PLN adalah milik Negara lain. Karena memang penerangan belum nyata menerangi setiap rumah di Sana.
Lihat juga kondisi jalan Gelar Pawitan

Anda tahu untuk medan masang listrik di rumah bisa menghabiskan dan yang besar. KWHnya di simpan di tempat yang sudah dilewati jalur listrik dan dihubungkan dengan kabel yang panjang. Salah seorang penduduk mengaku telah menghabiskan dana Rp 12.000.000,- untuk menghadirkan cahaya di rumahnya. Ia membeli KWH kabel sepanjang 2.500 m.

Tentunya kita tahu bahwa terang dan gelap dibutuhkan manusia. Manusia dan terkadang butuh kegelapan dan terkadang butuh penerangan. Namun secara alami gelap itu selalau ada meskipun tidak harus memakai media. Namun penerangan adalah sesuatu yang lain yang harus dipikirkan manusia agar hidup lebih dinamis dan roda ekonomi, pendidikan, dan informasi semakin baik.

Banyak hal positif yang dapat kita rasakan dengan adanya penerangan. Pertama agar jalan yang kita lalaui terlihat dengan jelas. Kita tidak terjatuh dan tahu mana jalan yang aman. Lebih-lebih di Gelarpawitan yang tidak memilki jalann bagus. Kata orang Sunda; cik atuh listrik-listrik euweuh, atuh jalan-jalan sing aralus ..” Atau; cing atuh listrik-listrik sing hurung, peupeurihen jalan garoreng …”

Dengan adanya penerangan anak-anak di Gelarpawitan akan lebih kondusif belajar. Tidak harus mereka memicingkan mata karena ingin melihat jelas buku-buku pelajaran yang disinari caha kuning dari cempor ema. Mereka juga tidak usah takut kena imbas tidak baik dari asap cemor yang suka menodai hidung mereka.

Industri rumahan dan kehidupan malam akan bangkit dan tidak hanya diisi denga tidur saja. Bila kehidupan pendidikan, ekonomi, dan informasi berjalan maka potensi Gelarpawitan sangat luar biasa.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.