All Things must Come to an End

Lihatlah sekeliling kita. Beragam kondisi manusia jelas ada. Kaya dan miskin, bahagia dan sengsara, susah dan senang. Itulah kondisi yang berlawanan yang selalu ada. Ada orang miskin, ia tidak punya sesuatu yang berharga untuk dibanggakan. Ia tidak dikenal. Ia juga tidak disambut bila datang ke suatu tempat. Ia akan mendapatkan tempat duduk yang biasa saja bila dalam perkumpulan. Dan dialah yang selalu dipekerjakan untuk pekerjaan yang membutuhkan tenaga padahal ia tidak punya tenaga besar karena asupan makanannya pun seadanya.

Kesengsaraan yang dialami seseorang bahkan bisa memakan waktu yang sangat lama. Bisa bisa sampai hayat yang selam ini dikandung di badannya berpisah dari raganya sementara kebahagiaan dan kesejahteraan belum pernah datang walaupun sebentar menyapa.
Bagi yang mengakaminya bisa bersabar karena itulah yang wajib dilakukannya. Ia tidak berputus asa dan tidak iri hati akan kebahagiaan yang didapatkan oleh orang lain. Berbaik sangka kepada Allah merupakan obat mujarab yang menghiasi keringnya jiwa. Harapan agar nasibnya berubah baik. All Things must come to an end, semoga kesengsaraan segera berakhir. Dan bila saja di dunia tidak ia peroleh, maka di akhirat nanti ia berharap kebahagiaan itu diberikan kepadanya.

Kita perhatikan juga orang yang diberikan kemakmuran di dunia. Mereka bergelimah harta kekayaan berlimpah. Kawan dan kolega yang ia milki sangat banyak. Ia banyak didatangi orang dari mana-mana. Banyak yang ingin jadi kawannya dan mengaku sebagai keluarganya.

Bila kesejahteraan hidup ini ingin panjang, dank arena kita mencintai kekayaan dengan makna yang benar, maka kita titipkan harta kita ke masjid, pesantren, lembaga amal, yayasan social, panti asuhan, lembaga donor dan yang lainnya, untuk kita tagih nanti di akhirat.

Tengoklah kiri kanan temukan orang yang sedang susah lalu bahagiakan. Temukan orang yang sakit lalu berikan obat. Temukan yang lagi bingunga lalu bantulah. Jangan sampai kita tidak bisa tidur karena sakit perut akibat terlalu kenyang makan sementara ada tetangga yang tidak bisa tidur karena menahan lapar. All Things must come to an end, semua bisa berakhir. Dan bila ingin selamanya makmur dan sejahtera maka shadaqah jariyah lah yang harus dilakukan.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.